8th-Master-Journey-In-Management

Facing Businesses Challenge in Indonesia “Transformation of SEMEN GRESIK into SEMEN INDONESIA”

Seminar Semen Gresik

Suasana Kelas Saat Seminar Berlangsung

Senin, 23 November 2015 yang lalu, mahasiswa pascasarjana FBE Universitas Surabaya mengikuti sebuah semiar yang diadakan oleh Leadership Club (LC) 6th Generation yang merupakan organisasi kemahasiswaan pascasarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya. Seminar yang diadakan mengangkat tema Facing Businesses Challenge in Indonesia dengan judul “Transformation of Semen Gresik into Semen Indonesia”. Rangkaian acara meliputi seminar dari pihak semen Indonesia dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dimoderatori oleh bapak Putu Anom selaku KPS Magister Management Universitas Surabaya. Seminar ini diberikan oleh bapak Sunardi selaku direktur dari semen Indonesia.

Sesuai dengan judul yang diangkat, pihak Semen Gresik menjelaskan perihal transformasi yang mereka lakukan. “Ada beberapa faktor yang mempengaruhi mengapa kami perlu melakukan transformasi,” ujar Direktur utama Semen Gresik, Bapak Sunardi. Enam primary factors tersebut yaitu: increased competition from overseas competitors, consolidation, increased competition from domestic competitors, technology change, changing customer performance, dan regulatory change. Dalam melakukan transformasi tersebut tdaklah mudah, terdapat 4 tahap yang harus di lalui Semen Gresik di mana transformasi tahap 1 dimulai pada tahun 1991 dan sampai ke  tahap 4 yang dimulai pada tahun 2011 sampai kedepannya yang bertujuan untuk menjadikan Semen Indonesia menjadi sebuah perusahaan leader in regional. [Read more…]

Business Visit PT. Sariguna Prima Tirta (CLEO)

business-visit-sariguna-prima-tirta-cleo-1

Tanggal 18 November 2015 Pascasarjana Universitas Surabaya berkesempatan untuk mengadakan Acara Business Visit di mana pada tahun ini tempat yang kami kunjungi adalah PT. Sariguna Prima Tirta (CLEO) yang merupakan perusahaan Air Minum Dalam Kemasan atau yang sering disebut dengan AMDK yang berlokasi di Pandaan Surabaya. Acara yang bertemakan “DRIVING VALUE CREATION TO GAIN COMPETITIVE ADVANTAGE” diikuti oleh kurang lebih 50 peserta ini, diketuai oleh  Yunita dari Magister Akuntansi 13.

Acara dimulai pada pukul 08.30, di mana sesampainya di lokasi kami disambut dengan hangat dan ramah oleh Bapak Yusuf selaku Manajer PT. Sariguna Prima Tirta (CLEO). Kata sambutan pun disampaikan baik dari perwakilan perusahaan yaitu Bapak Yusuf maupun sambutan dari Bapak Putu Anom selaku Ketua Program Studi Manajemen Pascasarjana Universitas Surabaya, yang kemudian acara dilanjutkan dengan berbagai penjelasan singkat mengenai jumlah cabang perusahaan yang terdapat di Indonesia, kemasan yang digunakan, proses produksi pengolahan air minum yaitu dengan termasuk uji – uji yang dilakukan (seperti uji mikrobiologi, kimia, dan fisika), dan produk- produk yang diproduksi seperti minuman rasa buah dan demineral water yaitu air minum dalam kemasan yang tidak mengandung mineral. [Read more…]

Crossing Culture, Winning The Market: Taiwan Business Visit

taiwan-1Memori indah terukir di hati para peserta Business Visit International yang diadakan sebagai program rutin Pascasarjana FBE Universitas Surabaya. Tahun ini berkesempatan untuk mengeksplor negara Taiwan khusunya kota Taipei di mana Lisa Mardelina Sugiharta dari jurusan Magister Akuntansi 12 menjadi ketua dari acara ini. Dengan temaCROSSING CULTURE, WINNING THE MARKET”, acara dirancang 5 hari dan 4 malam ini berjalan begitu cepat dan begitu banyak hal-hal dan pengalaman baru yang tidak diduga didapatkan melalui perjalanan ini. Dimulai pada tanggal 21 Oktober 2015 hingga 25 Oktober 2015 dengan total 28 peserta yang terdaftar, terlebih dahulu transit di Singapore selama kurang lebih 30 menit, lalu melanjutkan perjalanan kembali menuju Taoyuan International Airport. Suhu yang sejuk menyambut kedatangan kami dan sedikit rintik hujan tidak mematahkan semangat para peserta untuk memulai petualangan di negara yang bertajuk The Heart of Asia ini.

Sepanjang perjalanan menuju hotel, para peserta diberikan pengarahan dan wawasan sederhana namun bermakna mengenai kota Taipei ini. Salah satunya, bahwa kota Taipei ini adalah kota yang aman dengan tindak kriminalitas nya yang sangat rendah. Lalu para peserta juga diberi peta kota Taipei yang cukup lengkap. Didalamnya juga terdapat rute MRT dan beberapa obyek wisata yang umumnya dikunjungi oleh pendatang asing. [Read more…]

Adinurani 2015 : Fun and Memorable Orientation Activity

Adinurani Kekompakan Tim di Sesi Outbound

Kekompakan Salah Satu Tim di Sesi Outbound

Sabtu sampai dengan Minggu, 8-9 Agustus yang lalu mahasiswa baru (maharu) Pascasarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika mengikuti kegiatan adinurani dengan tema “Small Piececs That Make The Big Picture”. Kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan yang berada di bawah naungan Leadership Club (LC). Adinurani yang diketuai oleh Tan Ta Hwe ini diadakan di Ubaya Trade Center (UTC) Trawas selama 2 hari 1 malam.

Adinurani merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh LC dan bersifat wajib bagi para maharu. “Tidak hanya sekedar orientasi seperti yang sudah sering dilakukan, namun pada kegiatan ini peserta diharapkan menjadi pribadi yang lebih baik dan memiliki ikatan yang solid satu sama lain,” ujar Ta Hwe selaku ketua panitia adinurani.

Acara adinurani ini mengusung beberapa nilai seperti motivasi, adaptasi, dan time management. Tujuannya adalah agar para mahasiswa mampu menerapkan nilai-nilai tersebut selama menjalankan perkuliahan dan kehidupan sehari-hari. Selain itu, juga menerapkan nilai knowledge, wisdom, dan integrity.

Adinurani Seminar KWI

Suasana Sesi Seminar KWI yang Dibawakan oleh Bapak Sudjoko

Adapun rangkaian acara adinurani tersebut meliputi opening dari KPS (Ketua Program Studi), sesi seminar, outbound, dan sharing FAPUS. Opening dari KPS memberikan sedikit penjelasan mengenai program studi yang ada di pascasarjana FBE yaitu Magister Manajemen dan Magister Akuntansi. Sesi seminar dibawakan oleh beberapa pembicara. Salah satunya adalah seminar mengenai KWI (knowledge, wisdom, integrity) disampaikan oleh bapak Sudjoko.

Selain itu sharing FAPUS (Forum Alumni Pascasarjana Ubaya) dan outbound juga merupakan beberapa kegiatan yang diadakan dalam adinurani ini. Menurut sebagian besar peserta, acara adinurani ini sangat menyenangkan dan bermanfaat. Seperti yang dikatakan Robin salah satu peserta Adinurani, “Sesi seminar sangat bermanfaat karena materi yang disampaikan jarang diperoleh di luar”.

“Sesi Outbound merupakan sesi yang paling berkesan karena selain games yang menyenangkan, namun juga melatih kreativitas, teamwork, juga logika seperti halnya pada games benar salah yang harus menyelesaikan soal matematika sederhana” ujar Michael Saputra, salah satu peserta Adinurani.

Secara keseluruhan acara adinurani ini berjalan lancar dan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para peserta untuk kedepannya. VIVA MM UBAYA!

Investasi di Era Turbulensi Ekonomi

Ir. Irvin Patmadiwiria, M.M. Sedang Memberikan Materi

Bpk. Ir. Irvin Patmadiwiria, M.M. sedang memberikan materi.

Seminar bertema “Investasi di Era Turbulensi Ekonomi” yang diadakan oleh Leadership Club Pasca Sarjana, Fakultas Bisnis dan Ekonomika UBAYA ini berlangsung dengan lancar dan sangat menarik. Seminar yang diadakan pada hari Senin, 21 September 2015 di Auditorium Pasca Sarjana FBE ini dipimpin oleh Bpk. Ir. Irvin Patmadiwiria, M.M. selaku Direktur PT. Ciptadana Asset Management dan Bpk. Indrawan Rahardja, S.E. selaku Investment Specialist PT. Ciptadana Asset Management di Jakarta. Selain mahasiswa aktif Magister Managemen dan Akuntansi Pascasarjana Universitas Surabaya, acara ini juga dihadiri oleh alumni dari berbagai angkatan.

Antusias para peserta yang mengikuti seminar terlihat dari pertanyaan- pertanyaan yang mereka lontarkan. Acara seminar dimulai dengan sambutan oleh Bpk. Putu Anom Mahadwarta, S.E., M.M. selaku KPS Magister Management, yang kemudian dilanjutkan oleh Bpk. Irvin selaku Direktur PT. Ciptadana yang memberikan informasi-informasi penting mengenai perekonomian Indonesia, yang menganjurkan agar para mahasiswa memulai investasi sejak dini.

Peserta Seminar Investasi di Era Turbulensi

Peserta seminar tampak antusias selama sesi tanya jawab.

Acara menjadi semakin menarik tatkala Bpk. Indrawan memberikan arahan untuk berinvestasi secara berkala dan strategi apa saja yang harus kita gunakan pada masa-masa perekonomian saat ini. Acara ini berlangsung serius tapi santai. Satu persatu pertanyaan yang dilontarkan dari para peserta pun dijawab oleh para pembicara dengan kata-kata yang mudah dipahami.

Dengan diadakan acara ini, diharapkan para mahasiswa dapat melihat potensi yang ada di tengah turbulensi ekonomi yang sedang dihadapi oleh Indonesia secara lebih mendalam sehingga dapat mulai mengatur strategi untuk menghadapi perekonomian yang sulit pada saat ini.

Mahasiswa MM dan MAKSI FBE UBAYA Juara 2 Marketition 2015

marketition prasetya mulya business schoolPada tahun 2015 Management Society Prasetya Business School mengadakan kompetisi “Marketition”, sebuah event kompetisi tahunan di bidang pemasaran. Event ini diperuntukan bagi mahasiswa Magister Manajemen seluruh Indonesia. Tema yang diangkat pada tahun ini adalah pemasaran pada industri film nasional. Judul film yang menjadi kasus adalah 40 days in Europe, sebuah film yang dibuat oleh rumah produksi 9 Matahari. Setiap peserta ditantang untuk menghasilkan strategi terbaik untuk memasarkan film ini.

Event ini diikuti lebih dari 50 tim dari seluruh Indonesia, dan setelah melalui tahap seleksi dipilih 10 tim terbaik yang harus mempresentasikan hasil di Jakarta. 10 tim yang terpilih berasal dari Prasetya Mulya Business School Jakarta, PPM Jakarta, SBM ITB Bandung, UGM Yogyakarta, dan Universitas Surabaya. Final lomba berlangsung pada tanggal 19 September 2015 di Auditorium Prasetya Mulya Business School lantai 4.

Lomba berlangsung dalam 2 tahap. Pada tahap pertama seluruh tim diberi kesempatan selama 10 menit untuk memaparkan strategi  yang ditawarkan. Magister Manajemen Ubaya diwakili  Tim “Journey” yang beranggotakan Lim Maria Magdalena, Gabriella Delavin Halim, dan Marco Ariano , dan mendapat kesempatan kedua untuk memaparkan strategi yang ditawarkan. Ide strategi Transmedia Storytelling mendapat respon yang sangat baik dari juri maupun peserta yang lain.

Setelah babak pertama lomba dilanjutkan dengan menyeleksi 5 tim terbaik yang berhak mengikuti putaran final. Kelima tim yang berhasil masuk ke babak final adalah tim Kaizen dari PPM Jakarta, Journey dari Universitas Surabaya, Anaconda dari SBM ITB,  CIA  dari  PPM, Prospective Aperture dari Prasetya Mulya Business School. Persaingan dalam putaran final ini sangat ketat. Setiap peserta hanya diberi waktu 2 menit untuk presentasi dan 13 menit untuk sesi Tanya jawab dari seluruh juri.  Setelah melalui putara final ini tim Journey dari Magister Manajemen Universitas Surabaya berhasil meraih peringkat kedua. Juara 1 diraih tim Kaizen dari PPM Jakarta, sedangkan juara 3 diraih oleh prospective aperture dari Prasetya Mulya Business School.

Semoga Magister Manajemen dapat terus berprestasi dimasa yang datang

Sukses Selalu MM Ubaya