ADINURANI (AJAR BUDI ASAH NURANI) “SMART MOVE FOR THE FUTURE” MAHASISWA BARU PASCASARJANA FAKULTAS BISNIS DAN EKONOMIKA UNIVERSITAS SURABAYA

Adinurani 2016 - 1

Sesi Optimalisasi Database artikel Jurnal
Internasional oleh Bapak Sujoko Efferin.

Pada bulan Agustus ini, mahasiswa baru (MAHARU) Pascasarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya mengikuti kegiatan Adinurani dengan tema “Smart Move To The Future”. Adinurani merupakan salah satu kegiatan yang berada di bawah naungan Leadership Club 7th Generations sebagai organisasi kemahasiswaan Pascasarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya.

Adinurani merupakan acara yang wajib diikuti oleh setiap MAHARU di Pascasarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya. yang kali ini diikuti oleh Mahasiswa baru Magister Manajemen angkatan 51 dan Magister Akuntansi angkatan 16.

Acara Adinurani kali ini mengusung beberapa nilai seperti time management, better future, knowledge, wisdom dan integrity (KWI). Nilai-nilai tersebut akan sangat diperlukan dalam perkuliahan dan juga dalam kehidupan sehari-hari. Karena untuk dapat meraih keberhasilan, tentunya harus dilakukan manajemen waktu yang sangat baik serta memiliki wawasan luas, kebijaksanaan dan integritas dalam bersikap.

Adinurani tahun 2016 yang diketuai oleh Trias, kali ini hadir dengan konsep yang sedikit berbeda dari kegiatan Adinurani sebelumnya yaitu dengan konsep Gamification. Adanya konsep ini membuat adinurani semakin seru, dimana peserta harus mengumpulkan poin agar bisa mencapai poin yang sudah ditentukan sebagai syarat kelulusan adinurani 2016. Poin bisa didapat dari seluruh aktivitas yang dilakukan oleh peserta selama berlangsungnya Adinurani. Yang mana pelaksanaannya pada dua lokasi yang berbeda, yaitu Universitas Surabaya tanggal 6 Agustus 2016 dan Ubaya Training Centre (UTC) tanggal 13-14 Agustus 2016.

Rangkaian acara Adinurani tersebut meliputi Rally Kampus pada tanggal 6 Agustus 2016 dari pukul 08.00 s/d 13.00. Agenda pada hari tersebut yaitu Sosialisasi program studi magister management dan akuntansi, Optimalisasi database artikel jurnal Internasional, sesi FAPUS, dan beberapa sesi lainnya.

Pada sesi ini dijelaskan bagaimana mengakses jurnal dengan mudah sesuai dengan yang dibutuhkan peserta, khususnya jurnal-jurnal yang berbayar bisa didapatkan secara gratis oleh mahasiswa UBAYA.

Dan untuk tanggal 13 sd 14 Agustus 2016 di UTC Trawas, dengan agenda beberapa seminar dan kegiatan outbound. Seminar-seminar yang disampaikan oleh pembicara, dinilai sangat menarik oleh para peserta. Selain karena tidak akan didapat di luar, seminar-seminar tersebut dapat memotivasi peserta untuk kedepannya.

Adinurani 2016 -2

Sesi Seminar Menjadi Pribadi Yang
Menyenangkan oleh Bapak Aris.

Kemudian juga terdapat outbond dan beberapa kegiatan lainnya yang dirancang oleh panitia agar peserta dapat lebih aktif terlibat. Sebagian besar peserta merasa kegiatan Adinurani ini cukup bermanfaat dan menyenangkan, karena materi yang disampaikan belum tentu diperoleh di luar.

“Acara nya seru, semua sesi menyenangkan”, ujar Adi sebagai salah satu peserta Adinurani 2016.

Dari kuisioner yang dibagikan diakhir sesi, dapat dilihat bahwa sesi yang paling berkesan adalah Outbond, dimana peserta diajak bermain, berpikir, bekerja sama, dan bersinergi sehingga dapat melalui tantangan yang diberikan.

Sesi Outbound

Sesi Outbound

Akhirnya kegiatan Adinurani 2016 dinilai cukup berhasil dan mendapatkan kesan baik dari peserta yang mengikuti kegiatan ini. Sehingga kerja keras panitia dalam merancang kegiatan ini sejak Mei 2016 tidaklah sia-sia.