Business Visit ke Vietnam – Program MM dan MAKSI UBAYA

Sujoko Efferin, Ph.D.
Ketua Program Magister Akuntansi FBE UBAYA

Setiap tahun program Magister Manajemen (MM) dan Magister Akuntansi (MAKSI) Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) UBAYA mengadakan acara business visit ke luar negeri sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran berwawasan global. Acara rutin ini dikoordinasikan oleh Leadership Club mahasiswa MM dan MAKSI. Tahun ini, kegiatan tersebut dilakukan ke Vietnam pada tanggal 1-4 Desember 2013. Peserta yang ikut kali ini berjumlah 37 orang terdiri dari 3 dosen, 7 orang alumni, dan 27 mahasiswa. Dosen yang menyertai adalah Wiyono Pontjoharyo, Sujoko Efferin, dan Putu Anom Mahadwartha.

Selama di Vietnam, delegasi S2 FBE mengunjungi Phong Phu Textile Company, National University of Vietnam – University of Social Sciences and Humanity, dan Ho Chi Minh City University of Technology. Selain itu, sela-sela waktu yang ada digunakan untuk mengunjungi beberapa objek wisata terkenal di kota Ho Chi Minh meliputi HCMC Post Office, Notre Dame Cathedral, Reunification Palace, War Museum, Vienh Nghiem Buddhist Temple, dan Ben Thanh Market.

Phong Phu Textile Company

Phong Phu Textile Company

Phong Phu Company merupakan perusahaan tekstil berorientasi ekspor dan domestik yang memproduksi tekstil dan garmen. Perusahaan ini didirikan tahun 1964 dan saat ini merupakan joint venture antara pemerintah Vietnam dan pihak swasta. Produk andalannya antara lain selimut dan handuk kelas high quality. Pasar ekspor utama meliputi Jepang, US, dan Uni Eropa. Delegasi UBAYA berkesempatan untuk meninjau pabrik dan berdiskusi langsung dengan tim direksi perusahaan tentang tantangan bisnis global, masalah ketenagakerjaan, orientasi produksi, dan prospek kerjasama bisnis ke depan.

National University of Vietnam – University of Social Sciences and Humanity

National University of Vietnam - University of Social Sciences and Humanity

Dalam kunjungan ini, delegasi UBAYA berkesempatan mendapatkan short course tentang budaya dan pasar Vietnam yang dikoordinasikan oleh Prof. Phan Thi Hong Xuan. Yang unik adalah short course tersebut menggunakan pendekatan ilmu economic anthropology. Melalui pelatihan ini, peserta dapat lebih memahami aspek sosio-kultural Vietnam, kondisi dan prospek ekonomi Vietnam, serta gambaran tentang tantangan bersama dalam AFTA (ASEAN Free Trade Area).

Ho Chi Minh City University of Technology

Ho Chi Minh City University of Technology

Universitas ini memiliki sekolah bisnis yang terbaik di Vietnam. Dalam kunjungan kali ini, delegasi UBAYA mendapatkan kesempatan berdiskusi dengan pimpinan universitas yang dipimpin langsung oleh Dr. Vu The Dung (Vice Rector for International Affairs). Diskusi ini membuka wawasan tentang pengelolaan lembaga, strategi internasionalisasi, program-program yang ada, dan metode pembelajaran yang digunakan di sekolah bisnis tersebut. Penjajagan pertukaran dosen dan mahasiswa juga mulai dirintis antara UBAYA dan University of Technology.

Secara keseluruhan, acara ini berhasil memberikan perspektif baru bagi peserta kunjungan, mengembangkan jaringan internasional individual dan kelembagaan, serta membangun keakraban antara dosen, mahasiswa, dan alumni. Program MM dan MAKSI memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada panitia dari Leadership Club: Stephanie, Yuditya, Rossyana, Chilwin, Kent, Agnes Laurens, Hilmil, Christina, dan Redo yang telah bersusah payah mempersiapkan acara ini. Juga penghargaan setinggi-tingginya kami sampaikan kepada pengurus Forum Alumni yang aktif menyumbangkan ide untuk kelancaran acara ini: pak Teddy R. Sondakh, pak Go Siang Chen, pak Yuwono, dan bu Liliek.

Sampai bertemu pada acara business visit S2 FBE berikutnya!!
Chia tay để gặp lại vào dịp khác!!