Business Visit PT. Sariguna Prima Tirta (CLEO)

business-visit-sariguna-prima-tirta-cleo-1

Tanggal 18 November 2015 Pascasarjana Universitas Surabaya berkesempatan untuk mengadakan Acara Business Visit di mana pada tahun ini tempat yang kami kunjungi adalah PT. Sariguna Prima Tirta (CLEO) yang merupakan perusahaan Air Minum Dalam Kemasan atau yang sering disebut dengan AMDK yang berlokasi di Pandaan Surabaya. Acara yang bertemakan “DRIVING VALUE CREATION TO GAIN COMPETITIVE ADVANTAGE” diikuti oleh kurang lebih 50 peserta ini, diketuai oleh  Yunita dari Magister Akuntansi 13.

Acara dimulai pada pukul 08.30, di mana sesampainya di lokasi kami disambut dengan hangat dan ramah oleh Bapak Yusuf selaku Manajer PT. Sariguna Prima Tirta (CLEO). Kata sambutan pun disampaikan baik dari perwakilan perusahaan yaitu Bapak Yusuf maupun sambutan dari Bapak Putu Anom selaku Ketua Program Studi Manajemen Pascasarjana Universitas Surabaya, yang kemudian acara dilanjutkan dengan berbagai penjelasan singkat mengenai jumlah cabang perusahaan yang terdapat di Indonesia, kemasan yang digunakan, proses produksi pengolahan air minum yaitu dengan termasuk uji – uji yang dilakukan (seperti uji mikrobiologi, kimia, dan fisika), dan produk- produk yang diproduksi seperti minuman rasa buah dan demineral water yaitu air minum dalam kemasan yang tidak mengandung mineral.

business-visit-sariguna-prima-tirta-cleo-2Setelah penjelasan yang disampaikan oleh pihak perusahaan selesai, tentunya hal ini justru meningkatkan antusias para peserta untuk bertanya baik dari jenis pertanyaan karena adanya kebingungan atau rasa ingin tahu dari penjelasan yang disampaikan atau bahkan bertanya karena adanya pengalaman pribadi setelah mengkonsumsi produk CLEO ini, seperti salah satu peserta yaitu Ida Dipawati dari Magister Akuntansi 12 yang bertanya dan sekaligus men-sharing kan pengalaman pribadinya ketika mengkonsumsi CLEO kepada pihak perusahaan. Dan sharing tersebut ditanggapi sangat positif oleh pihak perusahaan karena hal tersebut merupakan perwakilan suara dari pihak konsumen yang harus didengarkan guna perbaikan perusahaan selanjutnya.

Setelah puas bertanya, maka selanjutnya kami semua diajak untuk berkeliling untuk melihat proses pengolahan air minum, pembuatan botol, pembuatan tutup botol, proses penguapan, hingga proses packaging. PT. Sariguna Prima Tirta menggunakan mesin – mesin untuk menjalankan proses produksi, sehingga dapat mengurangi biaya pekerja, mesin – mesin yang digunakan juga cukup canggih.

business-visit-sariguna-prima-tirta-cleo-3Melihat proses produksi, tentunya membuat peserta kembali berantusias untuk mengajukan pertanyaan baik dari terkait dilakukannya inspeksi pada saat proses produksi berlangsung, strategi pemasaran produk, langkah – langkah pengeboran, dan lambang yang terdapat dalam kemasan CLEO. Namun karena adanya halangan waktu yang membatasi kami maka sesi kedua untuk tanya jawab ini hanya berlangsung selama kurang lebih 15 menit yang kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan ucapan terima kasih dan pemberian piagam apresiasi dari Bapak Putu Anom selaku Ketua Program Studi Magister Manajemen UBAYA serta pemberian souvenir oleh Yunita selaku Ketua Acara Business Visit kepada perusahaan PT. Sariguna Prima Tirta (CLEO).

Acara yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam ini telah memberikan pengalaman dan wawasan yang sangat berharga di mana kita dapat melihat secara langsung proses – proses produksi yang dijalankan oleh perusahaan, mengetahui kendala – kendala yang dialami perusahaan, dan strategi yang diterapkan oleh perusahaan untuk menghasilkan produk – produk berkualitas.