CRM Fundamentals Highlights

Dr. Paul memberikan gambaran yang jelas akan pentingnya CRM

Dr. Paul memberikan gambaran yang jelas akan pentingnya CRM

Pada tanggal 18 November 2016 lalu, Pasca Sarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika mengadakan seminar dengan Afifah Putri sebagai ketuanya. Seminar ini bertemakan CRM Fundamentals Highlights. Seminar ini menghadirkan Dr. Paul Leow, DBA, P.CRM dan Ibu Aina Neva Fiati, SE, CCP, P.CRM dari Associaton for Advancement of Relationship Marketing (AARM) yang merupakan jaringan bisnis internasional dan eksekutif dibidang marketing, CRM dan subyek lain yang terkait. Dr. Paul adalah praktisi dan konsultan yang telah menggeluti bidang CRM dalam beberapa dekade terakhir semenjak tahun 1995. Pengalaman Dr. Paul sebagai konsultan di berbagai perusahaan multinasional memberikan gambaran yang jelas tentang pentingnya CRM di dalam perusahaan.

Dr. Paul memberikan berbagai pertanyaan kritis bagi peserta di tengah-tengah keseriusan peserta dalam mengikuti jalannya seminar di ruang audiotorium Pasca Sarjana FBE. Pertanyaan kritis ter sebut bertujuan memberikan pola pikir yang benar terhadap CRM. “We can start our business without a product, as long as you have customer”, demikian tutur Dr. Paul untuk menegaskan bahwa kita sebagai pelaku bisnis harus memiliki fokus pada customer  terlebih dahulu sebelum ke produk.

Peserta sangat antusias dalam memberikan pertanyaan dalam sesi tanya jawab

Peserta sangat antusias dalam memberikan pertanyaan dalam sesi tanya jawab

Dr. Paul kembali menegaskan bahwa: “CRM is customer focus, not product focus; CRM is customer share, not market share”. Pernyataan Dr. Paul tersebut mengandung pesan bahwa fokus fundamental dalam bisnis seharusnya dimulai dari customer terlebih dahulu. Masyarakat pada umumnya salah dalam mempersepsikan hal tersebut. “You can’t copy the customer but you can copy the product”, komentar dari Dr. Paul tentang peranan customer untuk bisnis jangka panjang.

Dr. Paul menjelaskan bahwa dalam dunia bisnis mayoritas perusahaan gagal mengimplementasikan CRM karena perusahaan terlalu berfokus pada produk mereka saja. “CRM is top-down implementation, not bottom-up”, tegas Dr Paul.

“Seminar ini sangat berkesan bagi saya. Banyak ilmu baru yang saya dapatkan setelah seminar. Materi yang dibawakan oleh pakar yang berpengalaman, disampaikan dengan bahasa yang sederhana sehingga mudah dipahami” ujar Venesia sebagai salah satu peserta seminar.

Pada akhir penutupan acara, Ibu Aina selaku executive director, AARM Indonesia Chapter juga menawarkan berbagai jenis pelatihan dan sertifikasi bagi peserta yang berminat untuk lebih dalam mempelajari lebih dalam tentang CRM.

Foto bersama seusai acara

Foto bersama seusai acara