Crossing Culture, Winning The Market: Taiwan Business Visit

taiwan-1Memori indah terukir di hati para peserta Business Visit International yang diadakan sebagai program rutin Pascasarjana FBE Universitas Surabaya. Tahun ini berkesempatan untuk mengeksplor negara Taiwan khusunya kota Taipei di mana Lisa Mardelina Sugiharta dari jurusan Magister Akuntansi 12 menjadi ketua dari acara ini. Dengan temaCROSSING CULTURE, WINNING THE MARKET”, acara dirancang 5 hari dan 4 malam ini berjalan begitu cepat dan begitu banyak hal-hal dan pengalaman baru yang tidak diduga didapatkan melalui perjalanan ini. Dimulai pada tanggal 21 Oktober 2015 hingga 25 Oktober 2015 dengan total 28 peserta yang terdaftar, terlebih dahulu transit di Singapore selama kurang lebih 30 menit, lalu melanjutkan perjalanan kembali menuju Taoyuan International Airport. Suhu yang sejuk menyambut kedatangan kami dan sedikit rintik hujan tidak mematahkan semangat para peserta untuk memulai petualangan di negara yang bertajuk The Heart of Asia ini.

Sepanjang perjalanan menuju hotel, para peserta diberikan pengarahan dan wawasan sederhana namun bermakna mengenai kota Taipei ini. Salah satunya, bahwa kota Taipei ini adalah kota yang aman dengan tindak kriminalitas nya yang sangat rendah. Lalu para peserta juga diberi peta kota Taipei yang cukup lengkap. Didalamnya juga terdapat rute MRT dan beberapa obyek wisata yang umumnya dikunjungi oleh pendatang asing.

Di hari pertama, seluruh peserta berkesempatan mengunjungi National Taiwan University in Science and Technology (NTUST). NTUST yang merupakan salah satu partner dari Ubaya menyambut para peserta dengan diberikan nya materi umum mengenai sejarah dan kegiatan akademis NTUST, serta pandangan umum mengenai kondisi perekonomian Taipei saat ini. Dilanjutkan dengan Campus Tour dan para peserta berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan mahasiswa NTUST serta mengunjungi salah satu kelas Strategic Management yang sedang berlangsung. Setelah makan siang, peserta melanjutkan perjalanan menuju menara tertinggi di Taipei dikombinasikan dengan Mall dan pusat perbelanjaan, Taipei 101 Mall. Malam hari nya, peserta diajak untuk mengunjungi salah satu pasar malam terpadat di Taipei dengan keberagaman makanan lokal yang ada, yakni Shihlin Night Market.

taiwan-2Hari kedua, tour dimulai dengan mengunjungi Chinatrust Bank, salah satu perbankan besar dan ternama yang memiliki cabang di segala penjuru dunia, kami di  antar menuju area headquarter CTBC dengan area dan bangunan yang tinggi dan luas. Sesampai di lobby, kami disambut oleh para manajemen CTBC dan merupakan sebuah kehormatan bagi para peserta. Diskusi yang dimulai oleh Chief Strategy Officer & Head of South East Asia Division mengenai sejarah CTBC dan Global networking, dilanjutkan dengan Mr. Peter Liu sebagai Head of International Country Management yang membahas mengenai CTBC Cross-border Management Sharing. Sebuah pembahasan yang tajam memberikan insight bagi para peserta mengenai CTBC dan kota Taipei lebih dalam lagi. Setelah berdiskusi, para peserta kembali diajak untuk berkeliling area headquarters dan kemudian berfoto bersama dengan para manajemen. Pengalaman yang tidak pernah dilupakan bagi para peserta dan menjadi inspirasi mengenai budaya organisasi yang dimiliki CTBC. Menjunjung nilai kekeluargaan dan kepedulian menjadi landasan utama visi dan misi perusahaan ini.

Hari kedua ini memang terasa padat dikarenakan pada sore harinya kami mengunjungi salah satu TV Station, CTS (Chinese Television System) yang telah memproduksi drama series legendaris, Meteor Garden. Para peserta diajak berkeliling dan melihat secara langsung studio-studio yang dipakai untuk berbagai program acara, seperti berita, acara edukasi dan bahkan panggung ajang kontes menyanyi yang cukup terkenal di Taipei.

taiwan-3

Langit yang mendung dan cuaca yang dingin menyambut pagi ketiga kami di Taipei. Hari ketiga ini merupakan acara bebas, di mana seluruh kegiatan hari ini diaturkan oleh pihak tour. Diawali dengan kunjungan menuju mengunjungi beberapa wisata kota yang terkenal, Chiang-Kai Sek Memorial Hall, National Palace Museum, Presidential building serta Martyr’s Shrine. Waktu yang terus berjalan, membuat para peserta semakin bersemangat untuk mengunjungi beberapa tempat wisata lainnya, Malam harinya, para peserta menghabiskan waktu di Ximending, salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Taipei.

Tak terasa di penghujung acara, saatnya para peserta untuk kembali ke tanah air. Taiwan merupakan negara kecil namun keramahan para penduduk lokal membuat kami merasa bukan seperti turis asing, melainkan bagian dari Taiwan melalui kebesaran hati mereka. Beragam cerita dan momen abadi yang telah dilalui bersama membuat pengalaman ini cukup berarti dan menyentuh hati para peserta. Taiwan, Touch my Heart. Terima kasih Ubaya, Terima kasih Taiwan.