Generating Value from Organic Waste

Dengan mengucap puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka MM FBE Ubaya telah menerbitkan buku elektronik (e-book) tentang manajemen sampah khususnya sampah organik. Buku ini didistribusikan secara gratis melalui laman pasca.ubaya.ac.id.

MM FBE Ubaya bekerjasama dengan Sandec dan Eawag Swiss dalam proses pelaksanaan riset waste management ini, termasuk melibatkan secara aktif mahasiswa untuk menjadi topik tesis mereka. Buku ini merupakan kumpulan karya ilmiah dari penelitian Sandec Eawag Swiss, riset tesis mahasiswa MM Ubaya, dan mahasiswa FHNW School of Business University of Applied Sciences and Art, Swiss.

4 editor menyusun buku ini guna menjadi model integrasi atas keterterapan karya ilmiah mahasiswa bersama para mahasiswa dan peneliti internasional. Editor buku ini adalah Putu Anom Mahadwartha (Ubaya), Aluisius Hery Pratono (Ubaya), Bart M. Verstappen (Sandec, EAWAG) dan Christian Zurbrugg (Sandec, Eawag).

Terdapat 7 kontributor, dengan komposisi 3 paper adalah kontributor dari peneliti Sandec Eawag Swiss, dan mahasiswa FHNW School of Business University of Applied Sciences and Art, Swiss. Sedangkan 4 paper, dengan kontributor mahasiswa MM FBE Ubaya, yang mengangkat topik mengenai organic waste dan menggunakannya untuk penelitian tesis. Adapun mahasiswa/alumni MM dimaksud adalah Agnes Laurens, William Wijaya, DonyPraditya Sugiarto, dan William Soe.

Semoga buku ini berguna bagi pebisnis dan peneliti dibidang waste management khususnya organic waste. Pengembangan kerjasama internasional menjadi bagian tak terpisahkan dalam proses pembelajaran di MM FBE Ubaya, dan secara konsisten berusaha menghasilkan karya-karya ilmiah dengan keterterapan tinggi ditingkat nasional dan internasional.