Perspective Choice Legacy XP – Leadership Club 8th Generation “EMPOWERING LIVES EVERYDAY”

empowering-lives-everyday-1

Peserta mengimplementasikan teknik presentasi kreatif

Pada tanggal 8 – 9 Oktober 2016 Leadership Club Pasca Sarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomi 8th Generation mengadakan pelatihan Perspective Choice Legacy XP bagi  anggotanya di Ubaya Training Centre (UTC) dengan tema “Empowering Lives Everyday”. Tema ini dipilih karena diharapkan setiap anggota LC dapat lebih memberdayakan diri mereka serta memberikan value dalam organisasi, perkuliahan dan kehidupan keseharian mereka. Sehingga kualitas pribadi peserta PCL XP dapat memberikan dampak yang lebih baik bagi lingkungan sekitarnya.

Terdapat beberapa sesi baik indoor maupun outdoor yang disajikan untuk membekali para peserta PCL XP. Beberapa materi yang diberikan antara lain: Value FBE: Knowledge, Wisdom, Integrity; Creative Thinking; Outdoor Mental Challenge; How to implement a good project management; How to change diversification into unity; How to create an interesting presentation.

empowering-lives-everyday-2

Peserta tiba di Pos 2 Gn. Penanggungan

PCL XP kali ini merupakan kedua kalinya diadakan dan diketuai oleh Agung Surya Putra. Pada sesi indoor, peserta PCL XP memperoleh banyak inspirasi, pemahaman dan metode dalam mengimplementasikan tehnik presentasi yang lebih menarik dan kreatif. Sesi outdoor diwarnai dengan hujan sepanjang jalur trekking ke Gunung Penanggungan hingga mencapai salah satu titik perhentian yaitu POS 2 dilanjutkan dengan outbound di area Batu Pecah UTC. Sesi ini mendukung interaksi antar peserta dalam pembelajaran untuk menyatukan perbedaan dan bekerja sama dalam tim.

Berdasarkan hasil survey peserta setiap sesi, dapat disimpulkan bahwa mayoritas materi yang disampaikan cukup menarik, fun dan memberikan kesan. Peserta dapat lebih saling mengenal antara anggota LC 8th Generation satu sama lain, mengembangkan rasa kebersamaan dan kedekatan. Peserta terkesan dengan pembekalan materi yang aplikatif. “Acaranya secara keseluruhan menarik dan memberikan pemahaman yang berkesan mengenai kerja sama”, ujar Anita Wongso sebagai salah satu peserta PCL XP.

empowering-lives-everyday-3

Peserta antusias dalam outbond games

Sesi yang paling menarik bagi peserta PCL XP adalah sesi outdoor, diikuti dengan sesi presentasi, manajemen proyek dan sesi refleksi (unity) melalui sebuah film. Sesi outdoor memberikan kesan yang menarik bagi peserta karena sepanjang sesi disertai hujan. Dimana setiap peserta diminta untuk mengamati benda yang menarik perhatiannya di sepanjang jalur trekking, mengutamakan keselamatan dan peduli dengan sesama peserta. Refleksi bagi peserta yang naik ke rute Penanggungan adalah kita harus berani maju, menghadapi tantangan yang ada dan pantang menyerah hingga menyentuh garis finish.

Akhirnya pelatihan PCL XP dinilai cukup berhasil dan mendapatkan kesan baik dari peserta yang mengikuti pelatihan ini. Walau dalam waktu yang relatif sangat singkat, panitia berhasil mengemas acara dengan konsep dan materi yang inspiratif.

empowering-lives-everyday-4

Foto bersama Peserta, Panitia dan Pembicara PCL XP