GERAKAN DIREKSI MENGAJAR “LITERASI ASURANSI”

literasi-asuransi-1

Suasana seminar yang dibawakan oleh Bapak Iwan Pasila

Jumat, 27 Mei 2016 lalu, mahasiswa pascasarjana FBE Universitas Surabaya mengikuti sebuah seminar yang diadakan oleh Leadership Club (LC) 7th dengan  tema Direksi Mengajar “Literasi Asuransi”. Seminar ini mengundang Bapak Iwan Pasila sebagai direktur utama Mandiri Inhealth. Rangkaian acara meliputi seminar dari pihak Mandiri Inhealth,  dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dimoderatori oleh Bapak Dr Werner R Murhadi sebagai pengampu mata kuliah Personal Financial Planner yang sangat erat kaitannya dengan perasuransian dan ditutup dengan sesi foto bersama pada akhir acara.

Pada sesi seminar, peserta diberikan gambaran awal bagaimana sejarah awal mula munculnya asuransi dan mengapa asuransi penting untuk dimiliki. Asuransi penting untuk dimiliki karena kesehatan merupakan harta yang paling berharga. Kita memang tidak dapat menghindari resiko sakit, kecelakaan maupun kematian, namun kita dapat mengurangi dampak finansial yang diakibatkan oleh peristiwa-peristiwa yang tidak kita inginkan tersebut dengan cara mentransfer sebagian risiko kita kepada perusahaan asuransi. Tidak hanya jiwa atau kesehatan saja yang dapat diasuransikan, banyak hal yang dapat diasuransikan seperti asuransi pendidikan, keuangan dan asuransi lingkungan.

Dalam seminar juga ada pengulasan mengenai jenjang profesi aktuari, pajak, dan hal lain yang berhubungan dengan asuransi.

Bapak Iwan sangat mendukung apabila ada peserta yang berminat meniti karir didalam dunia asuransi. “Peluang bisnis asuransi di indonesia masih sangat besar, bisa dilihat hanya 6,9% dari penduduk Indonesia yang memiliki polis,” ujar Bapak Iwan. Dari jumlah penduduk Indonesia yang berjumlah kurang lebih 260 juta jiwa, hanya 18 juta yang memiliki polis. Adanya gap tersebut membuat bisnis di bidang asuransi memiliki prospek yang bagus di Indonesia. Selain itu Indonesia juga memiliki tingkat pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi.

literasi-asuransi-2

Penyerahan Sertifikat pada Bapak Iwan Pasila Direktur Mandiri Inhealth

Melalui acara ini peserta dapat memahami dunia asuransi langsung melalui praktisi  industri asuransi ini. Peserta mengikuti sesi seminar dengan antusias. Peserta juga cukup antusias dalam sesi tanya jawab yang langsung dijawab oleh bapak Iwan Pasila. “Seminar ini sangat informatif dan bermanfaat sehingga saya dapat memperluas wawasan saya mengenai dunia asuransi,” ujar Michael Mardian sebagai salah satu peserta. “Seminar ini membuka pandangan saya akan dunia asuransi yang selama ini hanya saya ketahui melalui agen asuransi,” komentar peserta lainnya. Banyak bahasan mendalam yang peserta dapatkan mengenai pengetahuan yang selama ini hanya didapatkan melalui agen asuransi sehingga peserta dapat memahami dunia perasuransian dengan lebih jelas.