INTERNATIONAL COACHING WEEK 2016 “BEYOND LEADERSHIP, WHEN MODERN LEADERS ARE EXPECTED TO DO MORE”

ICF-1

Suasana Seminar International Coaching Week 2016

Kamis, 26 Mei 2016 bertempat di Auditorium Pascasarjana Universitas Surabaya diadakan acara International Coaching Week 2016 yang bertemakan “Beyond Leadership, When Modern Leaders are Expected to Do More”. Acara ini terselenggara berkat kerjasama International Coach Federation (ICF) Jakarta dengan Leadership Club (LC) 7th Generation.

Universitas Surabaya patut berbangga karena merupakan satu-satunya Universitas di Surabaya yang ditunjuk untuk diberikan coaching secara gratis. Acara ini dihadiri oleh Mahasiswa Pascasarjana Universitas Surabaya, Alumni dan Umum. Pembukaan dilakukan oleh Bapak Putu Anom Mahadwartha selaku Kepala Program Studi Magister Manajemen Universitas Surabaya dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Dian Aria Prasasti Utomo selaku Presiden ICF Jakarta Charter Chapter.

Beliau sangat terkesan dengan panitia acara ini. “Saya sangat terkesan dengan profesionalitas panitia LC dalam menjalankan acara ini, terutama lagi jarang ada organisasi kepemimpinan dalam Pascasarjana.”

Sebelum acara seminar coaching dimulai, dilakukan penandatanganan MOU antara pihak ICF Jakarta Charter Chapter dengan pihak Universitas Surabaya yang diwakili oleh Bapak Sujoko Efferin yang diharapkan akan terjalin kerjasama yang baik dengan Universitas Surabaya, “Semoga di masa akan datang terdapat ICF yang bercabang di Surabaya, dan Universitas Surabaya menjadi partner yang pas untuk mewujudkannya,” tambah Ibu Dian.

ICF-2

Penyerahan Plakat dan Sertifikat oleh Bapak Anom untuk Ibu Dian, Bapak Neil, dan Bapak Evans

Memasuki acara utama yaitu coaching leadership yang di berikan oleh coach berpengalaman yaitu Bapak Neil Aldrin, sesuai dengan tema acara seminar kali ini beliau berpesan, “Sebagai seorang pemimpin dituntut untuk selalu peduli, baik peduli terhadap organisasi maupun dengan orang-orang yang ada dalam organisasi tersebut dan yang paling utama bisa memberikan seuatu yang lebih bagi dirinya sendiri dan lingkungannya.”

Beliau menambahkan, “Pelatihan atau Coaching leadership ini sangat berguna bagi diri sendiri seperti mengenal diri anda lebih dalam dan mencari perbaikan diri, mengenal orang-orang anda lebih jauh dalam organisasi, menjaga perkerja anda, menjaga orang-orang kunci, memunculkan kesadaran. Selain itu pelatihan juga berguna bagi orang lain, Coaching untuk orang lain dapat digunakan untuk mengklarifikasi dan mengidentifikasi permasalahan, memecahkan permasalahan, berkomitmen untuk bertindak dengan sendirinya, mengembangkan ketrampilam motivasi harga diri dan kepercayaan diri.”

ICF-3

Salah satu peserta sedang mendapatkan pro-bono coaching dari Bapak Evans

Acara ini berkesan bagi peserta karena banyak peserta seminar yang antusias untuk mengikuti pro-bono coaching di akhir acara yang diberikan oleh beberapa coach yang langsung didatangkan dari Jakarta. “Bagaimana kesan terhadap seminar coaching kali ini?” tanya salah satu panitia terhadap salah satu peserta. “Pro-bono coaching yang diberikan sangat berguna bagi saya, sehingga saya dapat menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan pekerjaan saya dikantor.” ujar Anita selaku peserta pro-bono coaching.