Kuliah Umum International Comparative Management Accounting Practices: UK/USA vs Germany vs Japan

Professor-Shahzad-UddinSenin, 8 Juni 2015 yang lalu, Leadership Club (disingkat LC) 6th Generation yang notabene merupakan organisasi kemahasiswaan Pascasarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya, mengadakan kuliah umum International dengan tema “Comparative Management Accounting Practices: UK/USA vs GERMANY vs JAPAN”. Kuliah umum International ini khusus ditujukan bagi para mahasiswa dan alumni Magister Manajemen (MM) dan Magister Akuntansi (Maksi). Acara yang diketuai oleh Mohammad Waskito W. ini diadakan di auditorium gedung pascasarjana FBE lantai 3, Universitas Surabaya (UBAYA), Jl Raya Kali Rungkut, Surabaya.

“Kuliah umum International merupakan salah satu diantara banyak kegiatan yang diadakan oleh LC tahun ini, acara ini diadakan untuk menambah wawasan dari mahasiswa S2” ujar Veronica Hogan yang merupakan President LC 6th Gen. Kuliah umum International ini mendatangkan pembicara dari luar negeri yaitu Professor Shahzad Uddin, beliau adalah seorang Professor of Accounting dan Director Essex Accounting Center University of Essex. Beliau sering mengadakan perjalanan untuk memberikan seminar di berbagai negara untuk sharing hasil penelitian yang sudah beliau lakukan.

Pada kesempatan kali ini beliau membagikan salah satu hasil penelitian beliau mengenai praktik-pratik Management Accounting pada negara Amerika, Jerman, dan Jepang yang berujung pada komparasi penggunaan Management Accounting pada masing-masing negara tersebut. Acara dengan durasi 2 jam ini berlangsung dengan lancar. Materi yang disampaikan sangat menambah wawasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi behaviour dalam aplikasi Management Accounting pada negara-negara berkembang dan teknik penyampaian materi juga sangat mudah dicerna.

peserta-kuliah-umum“Melalui seminar ini saya mendapat gambaran mengenai bagaimana praktik akuntansi manajemen di US, Jerman dan Jepang, dan pembicaranya dari luar, lumayan buat melatih listening, walau agak kecewa juga karena membahas materinya kurang dalam”, papar Betsy yang juga merupakan mahasiswa Maksi angkatan 13.

Kuliah umum internasional ini sangat bermanfaat dalam menambah wawasan dari sudut pandang internasional, dan memberikan gambaran luas mengenai bagaimana aplikasi dari sebuah teori bisa berbeda-beda antar negara karena berbagai faktor yang mempengaruhi penerapan teori tersebut. Pada akhir acara, Bapak Putu Anom Mahadwarta sebagai Ketua Program Studi Magister Manajemen dan Bapak Bonnie Suherman sebagai Ketua Program Studi Magister Akuntansi sangat mengapresiasi kuliah umum yang disampaikan oleh Profesor Shahzad Uddin. “Saya sangat tertarik mengikuti perkuliahan umum internasional ini karena dapat menambah wawasan praktik-praktik manajemen akuntansi secara luas” ujar Bapak Bonnie Suherman.

Professor-Shahzad-Uddin-Putu-Anom-Bonnie-Soeherman