MM-Maksi UBAYA Menjadi Finalis The 7th PPM Regional Business Case Competition

7-ppm-regional-business-case-competition

Tim PR3MAX pada Sesi Debat RBCC di Jakarta

Mahasiswa MM-Maksi UBAYA menjadi finalis pada ajang The 7th PPM Regional Business Case Competition yang merupakan kompetisi tahunan untuk mahasiswa MM kawasan regional Asia dengan total hadiah US$ 5,300 yang diselenggarakan oleh PPM School Of Management Jakarta. Tahun 2016 ini, kasus yang diberikan oleh panitia adalah kasus bisnis PT. Tatalogam Lestari, dengan tema Redefining Business Towards Leadership and Sustainable Growth  in the Dynamics of Regional Economy”.

Universitas Surabaya mengirim 1 tim dari MM-MAksi yaitu PR3MAX yang terdiri dari Rico Tedyono, Moch. Reyzan Imanda dan Ryan Febrian Sugiarto, dengan pembimbing Dr. Werner R. Murhadi dan Dr. Dudi Anandya. Dari 52  tim yang memasukkan hasil analisis dipilih 12 tim peringkat teratas dari penilaian paper yang masuk yang berasal dari Universitas-Universitas yang berada di kawasan Asia yang berasal dari Filipina (2 tim), Malaysia (1 tim) dan Indonesia (9 tim), dan Universitas Surabaya berhasil menduduki peringkat ke-3 untuk meraih tiket ke Jakarta.

12 tim tersebut di undang ke Jakarta untuk mempresentasikan ide bisnisnya pada tanggal 30 November 2016, satu diantaranya adalah Tim PRE3MAX, di depan 6 orang juri, dan juga menjalani sesi debat antar tim untuk mempertahankan ide masing-masing. Dari hasil presentasi dan sesi debat, maka dipilih 4 tim terbaik untuk masuk ke babak Grand Final. Namun sayang kali ini Tim PR3MAX belum berhasil menduduki posisi 4 besar.

7-ppm-regional-business-case-competition-2

Tim PR3MAX Menjadi Juara 1 Kontes Shake & Drill

Seminar “Future Challenge in Logistic Industry” by KAMADJAJA LOGISTICS

Future-Challenge-in-Logistic-Industry

Penyerahan Sertifikat kepada Ibu Ivy Kamadjaja sebagai Pembicara

Pada tanggal 2 Desember 2016, Pascasarjana FBE UBAYA melalui Leadership Club 8th Generation mengadakan seminar dengan tema “FUTURE CHALLENGE IN LOGISTIC INDUSTRY” yang diselenggarakan oleh Kamadjaja Logistics dan didukung oleh TruckMagz. Perusahaan ini didirikan tahun 1968 sebagai UD Kamadjaja. Selama kurang lebih  selama 5 dekade, perusahaan ini terus berkembang menjadi Kamdjaja Group. Seminar yang diketuai oleh Roessiana Dwiki menghadirkan womanpreneur yaitu Deputy CEO Kamadjaja Logistics, Ibu Ivy Kamadjaja yang dimoderatori oleh Ibu Dr. Dra. Amelia Santoso, M.T, yang merupakan Dekan Fakultas Teknik UBAYA.

Ibu Ivy menjelaskan faktor – faktor yang akan mempengaruhi industri logistik di masa depan dan bisa menjadi trend dunia logistik, seperti pengiriman barang antar negara (contoh: Amazon) dengan menggunakan drone, layanan pengiriman Go-Box, Kargoku, kendaraan tanpa awak (driverless vehicle), self diving vehicle, serta automated guided vehicle in warehouse, di mana semua kegiatan warehousing sudah tidak dilakukan lagi oleh manusia melainkan oleh mesin serta robot. “Ada tiga hal yang sangat penting dalam distribusi logistik, yakni location, cost effective, serta productivity. Jika salah satunya tidak ada, maka proses distribusi logistik tidak akan dapat berjalan dengan baik” ungkap ibu Ivy. [Read more…]

CRM Fundamentals Highlights

Dr. Paul memberikan gambaran yang jelas akan pentingnya CRM

Dr. Paul memberikan gambaran yang jelas akan pentingnya CRM

Pada tanggal 18 November 2016 lalu, Pasca Sarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika mengadakan seminar dengan Afifah Putri sebagai ketuanya. Seminar ini bertemakan CRM Fundamentals Highlights. Seminar ini menghadirkan Dr. Paul Leow, DBA, P.CRM dan Ibu Aina Neva Fiati, SE, CCP, P.CRM dari Associaton for Advancement of Relationship Marketing (AARM) yang merupakan jaringan bisnis internasional dan eksekutif dibidang marketing, CRM dan subyek lain yang terkait. Dr. Paul adalah praktisi dan konsultan yang telah menggeluti bidang CRM dalam beberapa dekade terakhir semenjak tahun 1995. Pengalaman Dr. Paul sebagai konsultan di berbagai perusahaan multinasional memberikan gambaran yang jelas tentang pentingnya CRM di dalam perusahaan. [Read more…]

Perspective Choice Legacy XP – Leadership Club 8th Generation “EMPOWERING LIVES EVERYDAY”

empowering-lives-everyday-1

Peserta mengimplementasikan teknik presentasi kreatif

Pada tanggal 8 – 9 Oktober 2016 Leadership Club Pasca Sarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomi 8th Generation mengadakan pelatihan Perspective Choice Legacy XP bagi  anggotanya di Ubaya Training Centre (UTC) dengan tema “Empowering Lives Everyday”. Tema ini dipilih karena diharapkan setiap anggota LC dapat lebih memberdayakan diri mereka serta memberikan value dalam organisasi, perkuliahan dan kehidupan keseharian mereka. Sehingga kualitas pribadi peserta PCL XP dapat memberikan dampak yang lebih baik bagi lingkungan sekitarnya.

Terdapat beberapa sesi baik indoor maupun outdoor yang disajikan untuk membekali para peserta PCL XP. Beberapa materi yang diberikan antara lain: Value FBE: Knowledge, Wisdom, Integrity; Creative Thinking; Outdoor Mental Challenge; How to implement a good project management; How to change diversification into unity; How to create an interesting presentation. [Read more…]

Seminar Student Best Research “RED CARPET: LEARN, INVENT, INSPIRE!””

review-seminar-student-best-research

Penyerahan sertifikat kepada Tan Ta Hwe sebagai salah satu pembicara

Sabtu pagi, tanggal 10 September 2016 seminggu sebelum acara wisuda digelar khususnya bagi para mahasiswa/i Pascasarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya yang telah menyelesaikan studi mereka, LC (Leadership club) mengadakan Seminar Student Best Research  sebagai apresiasi bagi mahasiswa/i peraih nilai A untuk research tesis mereka. Kegiatan ini baru dilaksanakan pertama kali dengan konsep yang berbeda dari kegiatan yang pernah diadakan dibawah naungan LC 7th Generations sebagai organisasi kemahasiswaan Pascasarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya. Kedepannya, kegiatan ini akan terus dilangsungkan setiap tahunnya guna memberikan inspirasi bagi mahasiswa/i yang akan melakukan research sebagai tesis.

Acara kali ini diikuti oleh mahasiswa/i Magister Manajemen angkatan 49, 50, 51 dan Magister Akuntansi angkatan 14, 15, 16 dan juga dihadiri oleh Drs. Ec. Sujoko Efferin, M.Com.(Hons.) Ph.D., Dr. Erna Andajani, S.T., M.M., Dr. Putu Anom Mahadwarta, S.E., M.M. dan Dr. Bonnie Soeherman, S.E., M.Ak sebagai reviewer.

Kegiatan Red Carpet ini mengusung nilai Learn, Invent dan Inspire. Nilai tersebut merupakan proses yang akan dilalui dalam melakukan research tesis. [Read more…]

SEMINAR BISNIS SOCIOPRENEUR “KEAJAIBAN PENCARI KEBAIKAN”

keajaiban-pencari-kebaikan-1

Suasana seminar yang disampaikan oleh Bapak Johny Rusdianto

Sociopreneur merupakan hal yang tentunya sudah sering kita dengar. “Apasih sociopreneur itu? Bagaimana menjalankannya?”. Pertanyaan-pertanyaan tersebut sering muncul dipikiran kita.

Pada Rabu, 7 September 2016  bertempat di Auditorium Pascasarjana Universitas Surabaya, mahasiswa pascasarjana FBE Universitas Surabaya mengikuti sebuah seminar yang diadakan oleh Leadership Club (LC) 7th Generation yang merupakan organisasi kemahasiswaan pascasarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya. Seminar yang diadakan mengangkat tema Seminar Bisnis Sociopreneur “Keajaiban Pencari Kebaikan”.

Rangkaian acara meliputi seminar dari Bapak Drs.ec. H. Johny Rusdiyanto, MM sebagai Sekretaris Yayasan Nurul Hayat, dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dimoderatori oleh bapak Bonnie Soeherman selaku KPS Magister Akuntansi Universitas Surabaya.

Sesuai dengan judul yang diangkat, Bapak Johny menjelaskan perihal sociopreneur yang diterapkan di yayasan Nurul hayat. [Read more…]

TALKSHOW CREATIVITY RESURGENCE “STRATEGI INOVASI PRODUK DAN BRANDING ANTI MAINSTREAM DI ERA KONSEPTUAL”

alkshow Creativity Resurgence 1

Sesi Talkshow Bapak Adhi dan Bapk Kris yang dimoderatori oleh Bapak Bonnie

Kamis, 25 Agustus 2016, Mahasiswa Pascasarjana FBE Universitas Surabaya mengikuti sebuah Talkshow bisnis yang diadakan oleh Leadership Club (LC) 7th Generation dengan tema Creativity Resurgence “Strategi Inovasi Produk dan Branding Anti Mainstream di Era Konseptual” Talkshow ini mengundang Bapak Kris Teguh seorang motivator bagi para kolektor mainan dan Bapak Adhicipta Wirawan seorang akademisi dan praktisi industri game sebagai narasumber.

Pada sesi Talkshow, peserta diberikan gambaran pentingnya inovasi yang kreatif dalam bisnis. Dikarenakan setiap produk memiliki masa hidup, maka inovasi yang kreatif sangat diperlukan untuk mendongkrak kembali penjualan produk yang sudah memasuki masa penurunan (decline).

Bapak Adhi menjelaskan adanya suatu siklus yang berkesinambungan dari inovasi, “Siklus dimulai dari adanya suatu gagasan ide baru atas pengembangan produk berdasarkan hasil riset pelanggan. Produk baru tidak serta merta langsung ditawarkan ke pasar, namun memerlukan jaminan akan diterima masyarakat, maka tahap validasi perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi apakah produk baru tersebut akan diterima dengan baik oleh masyrarakat” [Read more…]

ADINURANI (AJAR BUDI ASAH NURANI) “SMART MOVE FOR THE FUTURE” MAHASISWA BARU PASCASARJANA FAKULTAS BISNIS DAN EKONOMIKA UNIVERSITAS SURABAYA

Adinurani 2016 - 1

Sesi Optimalisasi Database artikel Jurnal
Internasional oleh Bapak Sujoko Efferin.

Pada bulan Agustus ini, mahasiswa baru (MAHARU) Pascasarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya mengikuti kegiatan Adinurani dengan tema “Smart Move To The Future”. Adinurani merupakan salah satu kegiatan yang berada di bawah naungan Leadership Club 7th Generations sebagai organisasi kemahasiswaan Pascasarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya.

Adinurani merupakan acara yang wajib diikuti oleh setiap MAHARU di Pascasarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya. yang kali ini diikuti oleh Mahasiswa baru Magister Manajemen angkatan 51 dan Magister Akuntansi angkatan 16.

Acara Adinurani kali ini mengusung beberapa nilai seperti time management, better future, knowledge, wisdom dan integrity (KWI). Nilai-nilai tersebut akan sangat diperlukan dalam perkuliahan dan juga dalam kehidupan sehari-hari. Karena untuk dapat meraih keberhasilan, tentunya harus dilakukan manajemen waktu yang sangat baik serta memiliki wawasan luas, kebijaksanaan dan integritas dalam bersikap. [Read more…]

MM – Maksi UBAYA Kembali Juara di Kompetisi Marketition

Marketition-2016Tim gabungan MM-Maksi Ubaya kembali menorehkan prestasi pada ajang kompetisi Marketition 2016 yang di selenggarakan oleh Universitas Prasetya Mulya Jakarta. Marketition 2016 merupakan ajang kompetisi tahunan yang ke-4 untuk mahasiswa MM se Indonesia dengan total hadiah Rp. 38 Juta.

Tahun 2016 ini, kasus yang diberikan oleh panitia adalah kasus bisnis “Sequisonline”, dimana peserta diminta mengembangkan strategi yang efektif dengan budget yang dibatasi maksimum Rp. 1 Miliar. Dari Ubaya dikirim 1 tim yaitu PR3MAX yang terdiri dari Rico Tedyono, Moch. Reyzan Imanda dan Ryan Febrian Sugiarto, dengan pembimbing Dr. Werner R. Murhadi dan Dr. Dudi Anandya. Dari 40 tim yang memasukkan hasil analisis dipilih 12 tim peringkat teratas dari penilaian paper yang masuk dan 3 tim dari sisi “Like” terhadap video yang diunggun di Youtube. Dari total 15 tim tersebut di undang ke Jakarta untuk mempresentasikan ide bisnisnya, satu diantaranya adalah  Tim PRE3MAX.

Memasuki tahap semifinal ke-15 tim wajib melakukan Elevator Speech untuk kemudian dipilih 10 tim yang akan masuk ke babak Final. Pada tahap semifinal, Tim PR3Max berhasil lolos dan masuk kebabak Final. Pada tahap final, setiap tim wajib mempresentasikan ide bisnisnya di depan juri yang merupakan perwakilan akademis dan praktisi. Setiap tim wajib mempresentasikan ide startegi bisnisnya dalam waktu 8 menit dan Tanya jawab 7 menit. Akhirnya saat pengumuman tiba, dimana Tim PR3MAX berhasil menduduki juara 2.

Prestasi ini mempertahankan apa yang dicapai tahun lalu, dimana MM-Maksi Ubaya juga berhasil menduduki juara 2. Proficiat untuk Tim PR3MAX MM-Maksi Ubaya.

BUSINESS VISIT GOES TO KUSUMA AGROWISATA BATU “GENERATE BRAND EQUITY TO GAIN CUTOMER LOYALTIES”

agrowisata1

Persiapan peserta Business Visit akan menuju ke Kusuma Agrawisata

Minggu, 5 Juni 2016 Leadership Club (LC) 7th Generation mengadakan Business Visit Goes to Kusuma Agrowisata Batu dengan tema “Generate Brand Equity to Gain Customer Loyalties”. Kusuma Agrowisata merupakan salah satu pioner wisata agro yang terkemuka di Indonesia. Memiliki wahana wisata yang cukup unik yaitu wisata petik buah dikebun apel, strawberry, jambu merah, jeruk bahkan sayur-sayuran. Kegiatan ini diikuti kurang lebih 50 orang peserta yang terdiri dari Mahasiswa Magister Manajemen (angkatan 49 dan 50) dan Magister Akuntansi (angkatan 13 dan 15) Universitas Surabaya dan juga Alumni. [Read more…]