Orientasi Mahasiswa Baru MAKSI 9 & MM 44 FBE UBAYA

orientasi-mm-dan-maksi-2012

Pada tanggal 15 April 2012 telah diadakan orientasi mahasiswa baru program Magister Fakultas Bisnis dan Ekonomika UBAYA dengan tema “Stay Hungry, Stay Foolish (That Drives Creativity and Innovation)”. Peserta terdiri dari mahasiswa Magister Akuntansi (MAKSI) angkatan 9 dan Magister Manajemen (MM) angkatan 44 dengan total 39 mahasiswa.

Acara ini dikelola oleh Centre for Professional Development (CPD) FBE UBAYA dengan pembicara utama Bonnie Soeherman, SE, M.Ak., PhD (Cand). Bonnie adalah seorang dosen tetap di S1 Akuntansi dan program MAKSI FBE UBAYA sekaligus seorang penulis buku aktif tentang Sistem Pengendalian Manajemen, Seni Perang Sun Zi dan Animasi. Ia juga telah memenangkan berbagai kompetisi business plan creative industry di tingkat nasional.

Acara orientasi ini diawali dengan penjelasan Program Studi MAKSI dan MM (diwakili oleh KPS MAKSI, Sujoko Efferin, PhD) tentang metode pembelajaran, kurikulum, fasilitas, kerjasama dengan alumni Pascasarjana dan rencana strategis MAKSI dan MM terkait akreditasi sekolah bisnis dunia versi AACSB. Sujoko juga menekankan bahwa kurikulum MAKSI & MM UBAYA dirancang untuk membangun kreativitas dan inovasi bisnis dari lulusannya. Setelah penjelasan program studi, sesi berikutnya adalah penjelasan Presiden Leadership Club (klub mahasiswa MAKSI & MM), Lionardus Ruslim, tentang aktivitas klub tersebut serta harapan partisipasi aktif mahasiswa dalam berbagai kegiatannya.

Acara kemudian diselingi dengan ice-breaking lalu dilanjutkan dengan seminar Welcome to the Conceptual Age. Dalam seminar ini, Bonnie menjelaskan tentang pergeseran dari era perekonomian agraris, era industri manufaktur, era informasi dan yang saat ini mulai terjadi adalah era konseptual di mana kreativitas dan inovasi bisnis memegang peranan penting sebagai pemicu utama kesuksesan bisnis. Keseimbangan peranan antara otak kiri dan otak kanan amat diperlukan sehingga diharapkan mahasiswa baru MAKSI & MM dapat membiasakan diri dalam atmosfer perkuliahan yang menuntut hal tersebut. Setelah itu Bonnie melanjutkan dengan workshop business plan dan akhirnya ditutup dengan seminar tentang Talentpreneurship.

Melalui acara orientasi ini, mahasiswa baru diharapkan untuk siap menghadapi tuntutan pembelajaran di program studi MAKSI & MM UBAYA yang telah disesuaikan dengan era bisnis berbasis kreativitas dan inovasi konseptual. Kedua program studi ini berkomitmen untuk selalu menyediakan kurikulum dan atmosfer pembelajaran yang sanggup membekali lulusannya dengan paradigma dan alat-alat yang dibutuhkan untuk mengantisipasi berbagai transformasi paradigma bisnis di abad 21. Selamat bergabung mahasiswa MAKSI 7 dan MM 44, semoga sukses!!