Tesis

Tesis adalah karya tulis ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa Program Studi Magister Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Universitas Surabaya (UBAYA) dalam sebagai bagian dari persyaratan kelulusan. Ada tiga (3) pilihan jenis Tesis yaitu laporan penelitian, business plan dan proposal perencanaan keuangan. Mahasiswa dapat memilih jenis tesis yang akan dibuat dengan persetujuan KPS dan dosen pembimbing.

Laporan penelitian adalah dokumen tertulis mendetail yang mengkomunikasikan berbagai metode, temuan dan proses dari sebuah penelitian ke orang lain. Laporan penelitian merupakan alat untuk menyebarluaskan pengetahuan ke masyarakat akademik, pihak-pihak yang berkepentingan dan/atau  publik

Business plan (BP) adalah laporan yang mengevaluasi semua aspek dari kelayakan sebuah proyek bisnis. Tujuan pembuatan BP antara lain adalah untuk mengembangkan ide dan gagasan inovatif, membuat arah pencapaiannya di masa depan, sebagai sarana untuk mencari sumber pendanaan, menunjukan kelemahan dan keunggulan dari bisnis dan juga para pesaingnya, untuk mendapat tanggapan dan saran dari para ahli tentang bisnis yang hendak dilakukan, dan menjadi pedoman dalam pelaksanaan operasional perusahaan.

Proposal perencanaan keuangan adalah dokumen tertulis mengenai perencanaan keuangan individu yang meliputi tujuan, profil risiko, batasan, akumulasi dan investasi keuangan. Tujuan pembuatan proposal perencanaan keuangan adalah melaksanakan rencana jangka pendek dan jangka panjang keuangan pribadi klien termasuk didalamnya proteksi, akumulasi, dan investasi kekayaan.