Identitas Program Magister Manajemen

Program  Studi Magister Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya merupakan salah satu Program Studi “Strata Dua” (S2) bidang manajemen (identik business administration) yang diselenggarakan oleh Ubaya. Ijin penyelenggaraan Program Studi Magister Manajemen dan Magister Ilmu Hukum diperoleh pada 16 Oktober 1992 dengan S.K. Mendikbud No.435/DIKTI/Kep/1992. Pemberian ijin tersebut merupakan rangkaian akreditasi pertama kali oleh DEPDIKBUD bagi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia.

Universitas Surabaya memperoleh ijin bersamaan dengan tiga perguruan tinggi swasta di Jakarta yaitu Universitas Trisakti Jakarta, Universitas Tarumanagara Jakarta, dan Universitas Atma Jaya Jakarta. Sedangkan Ubaya sebagai perguruan tinggi, dikukuhkan secara formal dengan Akte Notaris Djoko Supadmo, S.H. No.25 tanggal 6 Maret 1968 dengan 3 fakultas perintis yaitu Farmasi, Hukum dan Ekonomi dan ditetapkan 11 Maret 1968 sebagai “hari kelahiran” Ubaya.

Selanjutnya Program Pascasarjana  Universitas Surabaya terus bertumbuh melalui Program Studinya yaitu Kenotariatan pada tahun 2003, Profesi Psikologi pada tahun 2004, Farmasi Klinis pada tahun 2005 dan terakhir pada tahun 2006 ini adalah Akuntansi yang memulai Angkatan I pada tahun 2007 ini bersama MM XXXVI.

Visi-Misi Program Studi Magister Manajemen

Visi Program Studi Manajemen:

Menjadi sekolah bisnis unggul yang berkomitmen pada pengembangan etika, profesionalisme, dan jiwa kepemimpinan dengan berlandaskan pembentukan karakter yang inspiratif dan inovatif.

Etika, profesionalisme dan jiwa kepemimpian menjadi kata kunci vis PS MM, dan akan berlandaskan pada karakter inspiratif dan inovatif. Dunia bisnis dan industri selain membutuhkan profesionalisme, juga perlu ditekankan pentingnya etika. Selain itu lulusan sekolah bisnis juga harus berwatak pemimpin yang inspiratif dan inovatif

Misi Program Studi Magister Manajemen:

MM FBE UBAYA mentransformasikan kehidupan dan melayani kebutuhan dunia bisnis dan industri akan lulusan yang beretika, profesionalisme, dan berjiwa kepemimpinan melalui pembelajaran inovatif berbasiskan pengetahuan, kebijaksanaan dan integritas.

Pernyataan misi inilah yang memberikan daya diferensiasi Program Studi Magister Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika  Ubaya terhadap Program Studi Magister Manajemen lainnya. Implementasi dari diferensiasi sebagaimana yang diungkapkan dalam pernyataan misi akan tercermin pada kurikulum dan proses pembelajaran selama di Program Studi Magister Manajemen Ubaya.

Secara umum penjelasan arti diferensiasi yang terkandung dalam pernyataan misi Program Studi Magister Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya (MM FBE Ubaya) ini adalah penciptaan keunggulan melalui:

  1. pemberdayaan karakter dan jiwa kepemimpinan dengan integritas pribadi yang beretika, sejalan dengan kompetensi profesional;
  2. peningkatan kepekaan terhadap perubahan-perubahan yang terjadi, sehingga lulusan memiliki tingkat kepekaan terhadap perubahan yang relatif lebih tinggi (sensitive-responsive);
  3. peningkatan kemampuan berpikir strategik dan daya tanggap terhadap perubahan (visionary, proactive-anticipative);
  4. peningkatan penguasaan diri, ketenangan, kesabaran, tegas (self-control, assertive);
  5. peningkatan kemampuan untuk bekerja secara tim dan lintas budaya (global-local-multicultural);
  6. peningkatan kemampuan dalam komunikasi ilmiah, khususnya kecakapan menulis dalam konteks kompetensi profesional (writing skill).

Tujuan dan Sasaran Program Studi Magister Manajemen

Magister Manajemen FBE Ubaya mempunyai sepuluh tujuan strategis yang merupakan bagian dari rencana strategis (Renstra) 2011-2018. Renstra tersebut setiap tahun dilaksanakan melalui jabaran sasaran pokok-pokok program. Adapun ke-10 tujuan strategis MM FBE Ubaya adalah:

  1. Pengembangan kurikulum dan proses pembelajaran yang inspiratif dan creative secara terus menerus. (Quality assurance & Continuous improvement; Kualitas dan Kredibilitas Tridharma).
  2. Pengembangan kompetensi dosen (Faculty Members; Kualitas dan Kredibilitas Tridharma).
  3. Peningkatan aktivitas yang mendukung keselarasan keilmuan dan keberagaman latar belakang sivitas akademika (Diversity; Kualitas dan Kredibilitas Tridharma)
  4. Peningkatan kepercayaan pasar (Student Admission, Kualitas dan Kredibilitas Tridarma)
  5. Pembangunan hubungan sinergis dengan masyarakat bisnis dan industri serta alumni (Partnership with Business, Industrial Societies and alumnae; Jejaring Kerjasama; Manajemen Sumber Dana).
  6. Peningkatan kuantitas dan kualitas publikasi nasional dan internasional melalui kolaborasi yang efektif antar sivitas akademika baik internal maupun eksternal (Collaboration in Research and Publication; Kualitas dan Kredibilitas Tridharma).
  7. Pengembangan etika peserta didik sebagai warga global yang bertanggungjawab (Global Citizenship; Kualitas dan Kredibilitas Tridharma).
  8. Pengembangan keahlian profesional selaras dengan talenta peserta didik sebagai daya saing dalam bidang bisnis (Professional and Talent Development; Kualitas dan Kredibilitas Tridharma).
  9. Peningkatan aktivitas kemahasiswaan yang membentuk dan memperkuat jiwa kepemimpinan. (Leadership; Kualitas dan Kredibilitas Tridharma).
  10. Penguatan komitmen organisasi dalam mencapai visi dan melaksanakan misi (Excellent Business School; Manajemen Organisasi)

Kompetensi Lulusan

Kegiatan utama dalam proses pembelajaran lebih diti­tikberatkan pada aktifitas mahasiswa agar lebih mandiri (student centered learning) untuk mempersiapkan mahasiswa  melaksanakan life-long learning, sedang­kan dosen pada dasarnya memberikan bimbingan, pengarahan serta bertindak sebagai fasilitator dan motivator. Proses pembelajaran inilah yang juga mencerminkan kekhasan program sehingga dapat menjadi ajang pembelajaran yang holistic (character as well as mastery education) bagi pembelajar

Program memberikan gelar akademik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, berupa gelar: Magister Manajemen, yang disingkat dengan “M.M.” sesuai konsentrasi masing-masing, yang harus diletakkan di belakang nama para penyandangnya sebelum gelar profesi

Dengan tagline Networking among Smart Leader maka kompetensi yang dibangun bagi lulusan MM FBE UBAYA adalah menjadi leader dalam bisnis yang disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada level 8 sebagai Ahli dalam Sikap dan Tata Nilai, Kemampuan Kerja, Kemampuan Manajerial, dan Penguasaan Pengetahuan. Kompetensi lulusan adalah sebagai berikut:

  1. mampu mengembangkan pengetahuan secara berkelanjutan dalam praktik manajemen (continuance improvement)
  2. mampu menyelesaikan masalah bisnis dan manajemen dengan memanfaatkan ilmu manajemen baik dengan pendekatan inter dan atau multi disiplin (problem solver)
  3. mampu membangun, mengembangkan, dan menggunakan jejaring dalam dunia bisnis dan manajemen (networking competence)
  4. mampu berperilaku sesuai etika dan karakter kepemimpinan sebagai warga global yang bertanggungjawab (Global Citizenship)
  5. mampu membangun, mengembangkan, dan menjaga agar organisasi bisnis selalu proaktif-adaptif terhadap perubahan lingkungan bisnisnya
  6. mampu berpikir inovatif (innovative thinking) dan berkarakter inspiratif saat bertindak dalam praktik manajemen dan bisnis.

Ketua Program Studi:
Nama: Putu Anom Mahadwartha
Gelar: Doktor bidang Manajemen Keuangan
Email: anom@staff.ubaya.ac.id atau anomania@gmail.com atau anomania@yahoo.com
Telpon: 031 2981190 (pasca FBE); 2981139 (Jurusan Manajemen FBE)
CV ringkas:
http://ssrn.com/author=413756
http://scholar.google.co.id/citations?hl=id&user=0f9ESxQAAAAJ
Twitter: @putuanom