Struktur Program Magister Manajemen

Mata kuliah yang ditawarkan oleh Pogram Studi Magister Manajemen dengan total kredit sebanyak 45 kredit terklasifikasi dalam beberapa kelompok kompetensi: mata kuliah kompetensi utama, mata kuliah kompetensi pendukung dan mata kuliah penunjang. Kelompok mata kuliah kompetensi utama terdiri dari berbagai mata kuliah yang memberikan kompetensi inti dan unik yang harus dimiliki oleh lulusan MM UBAYA sebagai bekal utama dalam berkiprah di dunia kerja. Kelompok mata kuliah kompetensi pendukung terdiri dari berbagai mata kuliah yang memberikan kompetensi tambahan untuk memperkuat kompetensi utama dan menjadi minat khusus dari mahasiswa untuk berkarya setelah lulus. Kelompok mata kuliah penunjang terdiri dari mata kuliah dan tesis yang memberikan keunikan/warna tersendiri berbasiskan pengembangan pemikiran yang orisinil dari mahasiswa namun bukan bagian dari kompetensi inti di atas sebagai tambahan ciri khas kompetensi lulusan MM UBAYA. Pengelompokan mata kuliah tersebut adalah sebagai berikut:

1. Mata Kuliah Wajib (21 kredit)

Tabel D.1
Mata Kuliah Wajib

NoKodeNamaKreditSemester
Total21
1.912334Manajemen Pemasaran (Marketing Management)31
2.912335Manajemen Operasional (Operational Management)31
3.912347Manajemen Keuangan (Managerial Finance)31
4.912348Sumberdaya Manusia Dari Perspektif Organisasi (Human Resources From Organization Perspective)31
5.912339Manajemen Stratejik33
6.912333Sistem Informasi Manajemen (Management Information System, MIS)32
7.912349Lingkung Bisnis (Business Environment)32

2. Mata Kuliah Wajib Konsentrasi (12 kredit pilihan bidang minat)

Tabel D.2
Mata Kuliah Konsentrasi Creative Marketing

NoKodeNamaKreditSemester
Total12
1.911473Understanding Customer’s Mind32
2.911475Integrated Marketing Communication32
3.911476Creative Marketing Strategy32
4.911477Contemporary Marketing33

Konsentrasi Creative Marketing ditujukan kepada mahasiswa yang ingin mendalami marketing secara menyeluruh, terkait praktik dan fenomena dalam praktik yang up to date. Selain itu konsentrasi ini juga memberikan insight mengenai perkembangan praktik marketing dalam bisnis, serta komunikasi yang efektif strategi pemasaran. Mahasiswa akan berdiskusi mengenai kasus-kasus pemasaran terkini, dan pemecahannya.

Tabel D.3
Mata Kuliah Konsentrasi Human Capital Development

NoKodeNamaKreditSemester
Total12
1.911456Inception of Human Resources32
2.911457Training, Development, and Career Management32
3.911458Performance Management32
4.911459Quality of Work Life Management33

Konsentrasi Human Capital Development menekankan pada pengelolaan SDM berdasarkan pola terkini, dengan tambahan kekhususan pada proses pembentukan SDM berkualitas melalui training dan career management. Selain itu pengelolaan SDM sangat terkait dengan peningkatan kinerja SDM, sehingga perlu dikembangkan system penilaian SDM yang lebih baik. Mahasiswa akan dibekali dengan teori, konsep dan praktik terkini dalam MSDM, juga kasus-kasus SDM terbaru.

Tabel D.4
Mata Kuliah Konsentrasi Investment Management

NoKodeNamaKreditSemester
Total12
1.911465Global Strategic Finance32
2.911463Portfolio Management32
3.911469Professional Financial Planning32
4.911468Behavioral Finance33

Konsentrasi Investment Management menekankan pada pengelolaan investasi melalui mekanisme pasar modal, dan transaksi keuangan lainnya. Mahasiswa akan diberikan dan berdiskusi mengenai kasus-kasus keuangan di Indonesia dan di dunia, dengan para pakar keuangan dan praktisi. Selain itu mahasiswa juga dibekali mengenai psikologi dalam berinvestasi sehingga selain investasi menggunakan pendekatan fundamental, juga memahami behavior dalam berinvestasi.

Tabel D.5
Mata Kuliah Konsentrasi Logistik dan Manajemen Operasi

NoKodeNamaKreditSemester
Total12
1.911481Logistic and Distribution Management32
2.911482Service Operation Management32
3.911484Strategic Operation Management32
4.911483Project Management33

Konsentrasi Logistik dan Manajemen Operasi ini dirancang untuk memberikan dasar bangunan pengetahuan dan sekaligus membentuk keahlian bidang logistik dan manajemen operasi, baik yang berada pada badan usaha manufaktur ataupun jasa. Mahasiswa akan mendapatkan materi logistik dan manajemen operasi yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan jangka pendek, jangka panjang, dan keputusan bisnis taktis.

Syarat pembukaan konsentrasi adalah dengan minimal mahasiswa 4 orang per konsentrasi. Mata Kuliah Elektif (3 kredit) dapat dipilih dari tabel dibawah ini. Syarat pembukaan mata kuliah elektif adalah jika peserta minimal delapan (8) orang kecuali jika dalam satu angkatan jumlah mahasiswa kurang dari delapan

Tabel D.6
Mata Kuliah Elektif

NoKodeNamaKreditSemester
Total21
1.972103Akuntansi Manajemen Lanjutan33
2.912331Ekonomi Manajerial33
3.912344Sistem Pengendalian Manajemen33
4.974420Talentpreneurship dan Business Modeling33
5.974418Corporate Governance and Reporting33
6.912350Manajemen Kemaritiman33
7.974421Accountability and Spirituality in Business33

3. Mata Kuliah Penunjang (9 kredit)

Tabel D.7
Mata Kuliah Penunjang

NoKodeNamaKreditSemester
Total9
1.910113Metodologi Riset (Semester Pendek)32
2.912599Tesis63