TALKSHOW CREATIVITY RESURGENCE “STRATEGI INOVASI PRODUK DAN BRANDING ANTI MAINSTREAM DI ERA KONSEPTUAL”

alkshow Creativity Resurgence 1

Sesi Talkshow Bapak Adhi dan Bapk Kris yang dimoderatori oleh Bapak Bonnie

Kamis, 25 Agustus 2016, Mahasiswa Pascasarjana FBE Universitas Surabaya mengikuti sebuah Talkshow bisnis yang diadakan oleh Leadership Club (LC) 7th Generation dengan tema Creativity Resurgence “Strategi Inovasi Produk dan Branding Anti Mainstream di Era Konseptual” Talkshow ini mengundang Bapak Kris Teguh seorang motivator bagi para kolektor mainan dan Bapak Adhicipta Wirawan seorang akademisi dan praktisi industri game sebagai narasumber.

Pada sesi Talkshow, peserta diberikan gambaran pentingnya inovasi yang kreatif dalam bisnis. Dikarenakan setiap produk memiliki masa hidup, maka inovasi yang kreatif sangat diperlukan untuk mendongkrak kembali penjualan produk yang sudah memasuki masa penurunan (decline).

Bapak Adhi menjelaskan adanya suatu siklus yang berkesinambungan dari inovasi, “Siklus dimulai dari adanya suatu gagasan ide baru atas pengembangan produk berdasarkan hasil riset pelanggan. Produk baru tidak serta merta langsung ditawarkan ke pasar, namun memerlukan jaminan akan diterima masyarakat, maka tahap validasi perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi apakah produk baru tersebut akan diterima dengan baik oleh masyrarakat”

Bapak Adhi memberikan contoh board game ‘Waroong Wars” salah satu game dimana beliau turut serta dalam pembuatannya. Proses validasi dalam Waroong Wars melibatkan proses uji coba permainan (playtest) baik internal maupun external. Proses validasi memberikan feedback yang membuat tim desainer game dapat memperbaharui game tersebut menjadi lebih baik sebelum diproduksi massal dan ditawarkan ke pasar. Proses berikutnya adalah proses produksi atau penawaran ke pasar serta proses evaluasi. Proses evaluasi digunakan untuk inovasi produk selanjutnya.

Banyak orang berpendapat bahwa kreativitas sulit untuk dimunculkan dan ide-ide baru tidak dapat mengalir begitu saja dengan mudah. Maka dalam talkshow kali ini Bapak Adhi dan Bapak Kris berbagi tips untuk dapat memunculkan ide-ide kreatif. Bapak Kris Teguh mengatakan bahwa ide cemerlang dapat muncul jika kita sedang tidak dalam posisi tertekan dan kata kuncinya yaitu “Bahagia”. “Berusahalah mencintai setiap apa yang kita kerjakan, dengan begitu kita tidak akan tertekan ketika harus melakukannya. Ketika kita melakukan sesuatu dengan bahagia, ide-ide cemerlang akan terus mengalir dengan sendirinya”, ujar Kris Teguh. Sedangkan Bapak Adhi memiliki tips yang berbeda, Beliau menganjurkan untuk “Mencoba cara yang lain”. Rutinitas yang terus menerus dapat melemahkan kreativitas. Mencoba cara yang berbeda dalam melakukan sesuatu, membuat kita memiliki sudut pandang yang baru atas hal yang biasanya selalu kita lakukan. Dengan memiliki sudut pandang yang baru, kita akan lebih peka akan adanya ide baru atau peluang yang ada.

alkshow Creativity Resurgence 2

Sesi Tanya Jawab oleh Peserta

Peserta Talkshow sebanyak 123 orang ini dinilai cukup antusias dalam mengikuti acara dengan banyaknya pertanyaan-
pertanyaan kritis yang ditanyakan peserta. Dan melalui acara ini diharapkan peserta mendapatkan ilmu baru yang unik dan aplikatif dalam dunia usaha.

”Saya bisa banyak belajar akan ilmu pemasaran dari Talkshow ini. Topik yang dibawakan agak sedikit terlalu Niche, I personally enjoy it so much” ujar Evan Favian sebagai salah satu peserta. Tidak hanya Evan, Mulyadi sebagai salah satu perserta juga mengungkapkan “Tema Talkshow ini bagus dan cukup unik. Materi yang dsampaikan cukup inspiratif untuk membangkitkan semangat kreativitas dalam dunia usaha.”