Team MM dan Maksi Ubaya Meraih Juara Juara 1 pada 7th Master Journey In Management

Master-Journey-In-ManagementTim Pascasarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Universitas Surabaya (UBAYA) yang dinamai “Blessing of GOD” dan dipunggawai oleh Ruben Sanjaya (MM 45), Yan Christianto Setiawan (MAKSI 11), dan Natalia Poespawijaya (MAKSI 11) berhasil meraih juara 1 pada 7th Master Journey in Management untuk studi kasus Perusahaan Gas Negara (PGN). Lomba nasional prestisius yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi – Universitas Indonesia, Depol 17 April 2014, ini menjadi barometer tahunan kualitas program pascasarjana sekolah bisnis karena diikuti oleh sekitar 100 tim dari seluruh Indonesia. Pada tahun 2012 dan 2013, dalam kompetisi yang sama, Tim Pascasarjana FBE sebelumnya berhasil menjadi juara 2 berturut-turut.

Tanggal 4 April 2014 menjadi momen yang istimewa saat panitia mengumumkan melalui email bahwa kelompok Blessing of GOD (BoG) menjadi salah satu dari 9 finalis dalam kasus PGN. Perjuangan belum berakhir, mereka diberikan kesempatan untuk memperbaiki paper dan mendapat beberapa tugas tambahan dari panitia. Dengan semangat yang sama, bahkan sampai H-1 sebelum mereka berangkat ke Jakarta, kepedulian luar biasa ditunjukkan oleh para dosen-dosen (Dr. Sujoko Efferin, Dr. Putu Anom, Pak Wiyono Pontjoharyo, Pak Go Siang Chen, dan Dr. Dudi Ananda) dimana mereka meluangkan waktu 3 jam bersama Tim untuk gladi bersih.

Tanggal 15 April 2014, Tim BoG berangkat ke Jakarta bersama pembimbing, Dr. Werner R. Murhadi. Dengan kesabaran dan ketelatenannya, Pak Werner membimbing Tim dalam pembenahan data dan pembuatan power point untuk presentasi sehingga menjadi support tersendiri bagi mereka. Mereka mengungkapkan “dalam saat teduh dan diskusi kami pada malam hari menjelang tidur, bila kami dapat menang ini merupakan suatu “Blessing” bagi kami sesuai dengan nama tim kami.

Tanggal 17 April 2014 merupakan momen yang menegangkan dan juga berharga bagi Tim, karena perjuangan Tim ditentukan pada hari tersebut. Tim finalis lain dari kampus yang terkenal di Indonesia (Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, PPM Management School, Binus Business School, Universitas Gunadarma, Universitas Soegiya Pranata – Semarang) tampil dengan sangat meyakinkan. Setelah presentasi, respon sangat positif diberikan dewan juri. Bahkan seorang dewan juri yang merupakan pakar media Indonesia melontarkan ucapan “good presentation“. Beberapa dewan juri terlihat senang dengan presentasi kami dan memberikan komentar positif termasuk Vice President Strategic Planning Division dari Perusahaan Gas Negara (PGN).

Pada pukul 16.45 merupakan momen yang mendebarkan yakni pengumuman juara. Jelas secara kasat mata dengan melihat penampilan kelompok lain yang begitu luar biasa sempat memberikan tekanan mental tersendiri. Tim BoG hanya bisa berdoa dan berusaha meyakini bahwa apapun hasilnya, semuanya adalah anugerah yang sudah disiapkan Tuhan untuk mereka. Sebagaimana diungkapkan anggota Tim, “Bukan karena kami layak, semua hanya karena berkat Tuhan Yesus sesuai dengan nama tim ini yaitu Blessing of GOD Team.

Sebagaimana diceritakan anggota Tim, “Pemandu acara dari Metro TV membacakan urutan mulai dari peringkat 9 sampai 7 terlebih dahulu, dan ternyata…belum disebutkan nama Tim BoG disitu. Kami merasa senang, karena setidaknya kami masuk 6 besar. Lalu urutan berikutnya adalah untuk juara harapan 1-3, dan ternyata… masih juga belum disebutkan nama Tim. Setelah itu, berlanjutlah ke urutan tiga besar. Pemandu acara pun memperlambat tempo sejenak untuk menambah ketegangan suasana. Begitu juara tiga disebutkan, kami sudah sangat lega karena setidaknya prestasi UBAYA menjadi juara 2 dalam beberapa tahun terakhir bertahan di tahun ini.” Ketika diumumkan bahwa pemenang (juara 1) 7th Master Journey in Management untuk studi kasus Perusahaan Gas Negara (PGN) adalah BoG Team dari Pascasarjana FBE Universitas Surabaya, mereka bertiga langsung berdoa mengucap syukur kepada Tuhan. “Bahkan ketika kami maju menerima penghargaan dari Vice President PNG dan Wakil Direktur Utama BNI pun, kami masih berada dalam posisi antara percaya dan tidak percaya.”

Momen ini benar-benar pengalaman berharga yang tidak akan pernah kami lupakan. Bukan hanya pengalaman atas bimbingan dan arahan yang diberikan oleh para dosen pembimbing kepada kami ketika kami menyelesaikan PGN Case saja, ataupun pengalaman kami ketika kami bertemu dengan peserta-peserta lain yang begitu luar biasa dan penuh talenta. Melainkan, lebih dari itu semua, kami mendapat pengalaman bahwa tidak ada hal yang mustahil bagi Tuhan“, demikian ungkap salah seorang anggota Tim. Perjalanan Tim BoG dalam Master Journey of Management benar-benar perjalanan anugerah yang membawa berkah baik dalam pengalaman akademis maupun pengalaman hidup dan rohani mereka. Tim menutup wawancara dengan mengatakan, “Pada akhirnya, sesuai dengan nama team kami, Blessing of GOD Team, kami selalu meyakini satu hal…Our history is His story.

Pendaftaran Pascasarjana Magister Akuntansi dan Magister Manajemen
Hub : Johan Andreas, 085740913051 Pin BB 2A06C2DD, johan_sony@yahoo.com
Fonny Sidik 087851831384 Pin BB 238315A3, fonny.sidik@gmail.com