Workshop Yoga Sebagai Penghilang Stress Mahasiswa Pascasarjana FBE UBAYA

Workshop Yoga - Asana

Postures (ASANA): Para peserta mengikuti gerakan bridge pose dipandu oleh Robert Chris Lee

Rabu, 6 Mei 2015 yang lalu, Leadership Club (disingkat LC) 6th Generation yang notabene merupakan organisasi kemahasiswaan Pascasarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya, mengadakan Workshop Yoga dengan tema “Restorative Yoga as Antistress”. Workshop ini khusus ditujukan bagi para mahasiswa dan alumni Magister Manajemen dan Magister Akuntansi. Acara yang diketuai oleh Patricia Stevanie ini diadakan di perpustakaan lantai 5, Universitas Surabaya (UBAYA), Jl Raya Kali Rungkut, Surabaya.

“Workshop Yoga merupakan salah satu diantara banyak kegiatan yang diadakan oleh LC tahun ini, acara ini diadakan sebenarnya untuk membantu mengatasi stress yang dialami para mahasiswa khususnya S2 karena mayoritas mahasiswa S2 tidak hanya kuliah tetapi juga bekerja. Dengan tingkat kesibukan yang tinggi tersebut tentu dapat menghasilkan tekanan bagi mahasiwa yang kurang mampu untuk mengatasinya. Kegiatan ini sengaja kami adakan berdekatan dengan minggu ujian agar lebih bermanfaat bagi peserta. Dengan ketenangan hati dan kepala yang dingin, maka semua dapat dilakukan dengan maksimal,” ujar Sonny yang merupakan Vice President Internal LC 6th Gen.

Workshop ini dipimpin oleh Robert Chris Lee, seorang guru yoga profesional yang bersertifikat RYT-200. Robert mengawali membuka workshop dengan memperkenalkan yoga, manfaat dan jenisjenisnya kepada peserta. Sesuai dengan tema yang diusung, Robert memilih Hatha Yoga dengan gerakan-gerakan dasar dari yoga yang dapat menghilangkan stress. Robert memperagakan kurang lebih 10 gerakan yang diikuti oleh para peserta dengan serius tapi santai.

Benny seorang mahasiswa MM angkatan 47 yang juga merupakan peserta mengatakan, “Gerakan-gerakan yang diajarkan cukup mudah diikuti dan dapat diterapkan di rumah. Workshop ini menyenangkan dan sangat berguna bagi saya.”

Acara dengan durasi 3 jam ini berlangsung dengan lancar. Setelah memperagakan gerakan-gerakan dasar, Robert membuka sesi tanya jawab bagi para peserta mengenai yoga. Para peserta dengan antusias memberikan pertanyaanpertanyaan menarik sehingga Workshop menjadi lebih interaktif. Workshop ditutup Robert dengan mengajak seluruh peserta melakukan meditasi sejenak. Robert mengajak para peserta bermeditasi dengan bersuara OM (AUM) yang bermanfaat untuk merelaksasikan tubuh, menenangkan pikiran dan meningkatkan fokus.

Workshop Yoga - meditation

Meditation: Para peserta mempraktekkan meditasi dengan menggumamkan AUM

Workshop ini dirasakan sangat bermanfaat dan memberi nuansa baru bagi para mahasiswa pascasarjana FBE karena sebelumnya belum ada acara melatih softskill seperti acara ini. Bapak Putu Anom Mahadwarta yang merupakan Ketua Program Studi Magister Managemen sangat apresiasi terhadap acara ini. Beliau berujar, “Acara ini merupakan salah satu acara yang kreatif, tidak hanya untuk pengetahuan kita juga untuk membantu stress release dan relax. Semoga dapat ditarik manfaat dan aktivitasnya ini. Salute.”

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari yoga terutama bila dilakukan secara rutin. Selain relax dan mengurangi stress, yoga dapat meningkatkan flexibilty, strength, happy spine, bone density, blood circulation, detoxification, cardio, dan calming. Semoga acara seperti ini dapat diadakan lagi sehingga membuka wawasan kita untuk tidak hanya sekedar belajar dan bekerja, tetapi juga olahraga. (*WP,RR,SEP)