ADINURANI “CAKRA MANGGILINGAN – TRIWIKRAMA”

Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

ADINURANI (Asah Budi Ajar Nurani) yang dilaksanakan tanggal 05-06 Februari 2021 kali ini mengusung tema “Cakra Manggilingan”, yang bermakna bahwa kehidupan ini dinamis seperti roda berputar, sehingga diperlukan mental yang kuat supaya tidak merasa tinggi ketika dipuji dan tidak jatuh ketika dimaki. Dalam Bahasa Sanskerta, Cakra berarti cakram atau roda, sedangkan Manggilingan dalam Bahasa Jawa berarti giling yang bermakna berputar atau menggerus. Maka, istilah Cakra Manggilingan diartikan sebagai kehidupan ibarat roda berputar, dengan perpaduan antara makna perjuangan dan karakter rendah hati. Selain itu, tagline yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Triwikrama”, yang bermakna mempertemukan tiga kekuatan yang ada dalam diri: masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang. Dengan menghayati Triwikrama, hendaknya seseorang dapat mengambil pelajaran baik pada masa yang telah dilalui dan saat ini, untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.

Kegiatan ADINURANI sendiri berlangsung selama 2 hari menggunakan aplikasi Zoom. Pada hari pertama dilaksanakan pada hari Jumat, 05 Februari 2021, mahasiswa baru menyaksikan video pengenalan UBAYA serta diberi pembekalan terkait proses pembelajaran di Pascasarjana UBAYA oleh masing-masing KPS. Pembicara yang merupakan alumni MM dan Maksi juga dihadirkan untuk mendorong mahasiswa untuk mengembangkan soft skill dan hard skill mereka, serta memperluas jaringan networking selama perkuliahan. Pembicara juga memberikan tips dalam perkuliahan, terutama bagi mahasiswa baru yang memiliki kesibukan lain seperti bekerja. Di akhir hari pertama, mahasiswa baru dikenalkan dengan organisasi Leadership Club yang dibawakan oleh para BPH LC berupa sharing-sharing terkait suka duka selama bergabung dengan Leadership Club.

Gambar 1. Sesi Alumni
Gambar 2. Sesi KPS

Hari kedua dilaksanakan pada hari Sabtu, 06 Februari 2021. Pada hari ini, mahasiswa dibekali tentang materi terkait nilai-nilai FBE yaitu knowledge, wisdom, & integrity. Kemudian pada sesi berikutnya, mahasiswa baru diberi pembekalan terkait penggunaan berbagai platform yang disediakan oleh UBAYA, seperti ULS, MyUbaya, dan Gooaya. Selain itu, mahasiswa baru juga dikenalkan dengan Elib yang dapat membantu pengerjaan tugas-tugas perkuliahan untuk mencari jurnal-jurnal yang berbayar. Materi terakhir yang diberikan kepada para mahasiswa baru ialah terkait Cakra Manggilingan dalam kehidupan. Dalam sesi ini, peserta diminta untuk melakukan sharing tentang ‘Cakra Manggilingan’ dalam hidup mereka masing-masing. Pada akhir acara, peserta diminta untuk memberikan testimoni terhadap kegiatan ADINURANI yang telah berlangsung selama 2 hari, dan terdapat rewardmost impressive participant” yang diberikan kepada 2 peserta.

Gambar 3. Sesi ‘Cakra Manggilingan’

More Articles

Close Menu