ADINURANI PASCASARJANA FBE UBAYA “INCREDIBLE LEADERS”

ADINURANI-INCREDIBLE-LEADERS-1

Foto Bersama Setelah Adinurani

Seorang pemimpin yang baik tidak hanya membutuhkan pengetahuan yang luas saja tetapi juga ada nilai-nilai sosial yang harus dimiliki. Pembekalan nilai-nilai sosial ini diberikan dalam bentuk program Ajar Budi Asah Nurani (ADINURANI) yang diselenggarakan untuk mahasiswa baru Pascasarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya. Tema yang diangkat pada adinurani tahun 2018 ini adalah “Incredible Leaders”. Pada tema kali ini, peserta diberikan pengetahuan dan dilatih untuk menjadi “Incredible Leaders”. Untuk menjadi “Incredible Leaders” tidak hanya memerlukan knowledge saja tetapi juga memerlukan wisdom dan integrity. Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama yang dilaksanakan pada 12 Januari 2018 dan sesi kedua yang dilaksanakan pada 27-28 Januari 2018.

Pada sesi pertama, para peserta diajak untuk bergabung dalam sesi sharing dengan alumni pascasarjana, yaitu Bapak Dr. Teddy Reiner Sondakh, S.Psi., S.H., M.Hum. dan Bapak William Wijaya, S.T., M.M. mengenai pengalaman semasa perkuliahan dan setelah lulus dari pascasarjana serta belajar bagaimana pentingnya untuk membangun networking. Selain adanya acara sharing alumni, peserta juga dikenalkan lebih dalam dengan jurusan pada pascasarjana FBE, baik magister manajemen yang disampaikan oleh Bapak Dr. Putu Anom Mahadwartha, S.E., M.M. selaku KPS Magister Manajemen, maupun magister akuntansi yang disampaikan oleh Bapak Dr. Bonnie Soeherman, S.E., M.Ak. selaku KPS Magister Akuntansi. Peserta dibekali dengan berbagai informasi mengenai jurusan, seperti visi dan misi jurusan, kategori peminatan konsentrasi, berbagai kegiatan yang menjadi metode perkuliahan, kompetensi lulusan, perkembangan regulasi, serta tidak ketinggalan berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa pascasarjana untuk menunjang proses perkuliahan. Turut hadir pula Bapak Suyanto, S.E., M.Ec. Dev., Ph.D. selaku Dekan FBE memberikan sambutan selamat datang untuk para mahasiswa baru.

Pada sesi kedua, peserta diberikan materi-materi dan juga melakukan berbagai macam aktivitas di Ubaya Training Center yang berada di daerah Trawas. Beberapa materi yang disampaikan antara lain Seminar Kecerdasan Literasi dan Communication and Presentation Skill oleh Bapak Dr. Putu Anom Mahadwartha, S.E., M.M., Seminar Network and Teamwork oleh Bapak Aris Surya Putra, S.E., M.Ak., Seminar Incredible Leaders oleh Bapak Drs. Wiyono Pontjoharyo, M.M., Ak., Seminar Kepemimpinan Berbasis KWI oleh Bapak Dr. Bonnie Soeherman, S.E., M.Ak. dan sesi Meditation, Mindfulness and Stress Management Workshop oleh Bapak Drs.ec. Sujoko Efferin, M.Com(Hons), M.A., Ph.D., pengenalan Leadership Club oleh BPH Leadership Club Pascasarjana FBE UBAYA. Pembekalan mengenai kecerdasan literasi ini sangat penting diberikan karena pada era digital sekarang mendapatkan informasi tidak lagi susah dan untuk itu sebagai mahasiswa pascasarjana diharapkan dapat menyaring informasi-informasi yang beredar di internet. Materi communication and presentation skill juga penting diberikan untuk bekal menghadapi perkuliahan dengan baik. Kemudian kegiatan outbond yang dilakukan peserta sangat berhubungan erat dengan Seminar Network and Teamwork yang dibawakan Bapak Aris Surya Putra, S.E., M.Ak. Peserta dibekali dengan pesan bahwa dalam kehidupan nyata perlu adanya rasa saling bekerjasama dan pentingnya membangun network sehingga dapat menyelesaikan berbagai tugas dengan baik.

Sebagai seorang calon Incredible Leaders, penting untuk mengetahui apa pengertian dari Incredible Leaders, bagaimana cara menjadi Incredible Leaders dan tidak kalah penting adalah apa saja faktor penghalang untuk menjadi Incredible Leaders. Hal ini disampaikan dalam materi yang dibawakan oleh Bapak Drs. Wiyono Pontjoharyo, M.M., Ak. Penekanan KWI sebagai calon pemimpin tentunya penting, karena value – value ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk menentukan setiap langkah yang akan diambil sebagai calon pemimpin agar dapat menjadi pemimpin yang tidak hanya smart tetapi juga bijaksana dan berintegritas tinggi. Pada sesi mindfulness, Bapak Drs.ec. Sujoko Efferin, M.Com(Hons), M.A., Ph.D. menekankan pentingnya mindful terhadap apapun yang dilakukan, here and now, tidak terpenjara masa lalu dan tidak terobsesi dengan masa depan.

Pada akhirnya acara ditutup dengan pemberian hadiah untuk peserta paling “Incredible” yang merupakan pilihan dari panitia dengan metode observasi selama kegiatan adinurani berlangsung dan untuk kelompok yang mengumpulkan poin tertinggi. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi seluruh mahasiswa baru pascasarjana sehingga di masa depan dapat menjadi pemimpin yang tidak hanya smart tetapi juga bijaksana dan berintegritas tinggi.

ADINURANI-INCREDIBLE-LEADERS-2

Foto Bersama dengan Pak Pontjo, Pak Bonnie dan Pak Aris

ADINURANI-INCREDIBLE-LEADERS-3

Salah Satu Kegiatan Peserta dalam Outbond