ADINURANI PASCASARJANA FBE UBAYA “KINDFULNESS”

Foto Bersama Setelah Adinurani 1

Pembekalan berbagai nilai sosial bagi mahasiswa baru program Pascasarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya kembali diberikan dalam bentuk program Ajar Budi Asah Nurani (ADINURANI). Tahun 2017 ini tema yang diangkat adalah “Kindfulness”. Tema ini diangkat karena di dalam kindfulness terdapat nilai wisdom yang merupakan salah satu nilai dari “Knowledge, Wisdom, dan Integrity”. Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama yang dilaksanakan pada 20 Juli 2017 dan sesi kedua yang dilaksanakan pada 5-6 Agustus 2017.

Pada sesi pertama, para mahasiswa baru dikenalkan lebih dalam dengan jurusan pada pascasarjana FBE, baik magister manajemen yang disampaikan oleh Pak Anom selaku KPS Magister Manajemen, maupun magister akuntansi yang disampaikan oleh Pak Bonnie selaku KPS Magister Akuntansi. Peserta dibekali dengan berbagi informasi mengenai jurusan, kategori peminatan konsentrasi, berbagai kegiatan yang menjadi metode perkuliahan, profil latar belakang tim pengajar dan kompetensi lulusan, serta tidak ketinggalan berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa pascasarjana untuk menunjang proses perkuliahan. Selain informasi tersebut, mahasiswa juga diajak untuk melakukan sharing mengenai pengalaman semasa perkuliahan dan setelah lulus dari pascasarjana serta belajar untuk membangun networking dengan beberapa alumni pascasarjana yaitu Ibu Susan S., Pak Alex Kurniawan, Pak Ievan Yugaprajana, serta Pak Yosie Setiadi. Turut hadir pula Pak Suyanto selaku Dekan FBE memberikan sambutan selamat datang untuk para mahasiswa baru.

Salah Satu Kegiatan Peserta dalam Outbond

Pada sesi kedua, peserta kembali diajak untuk mengikuti berbagai pembekalan serta berbagai macam aktivitas di Mojopahit Agro Lestari yang berlokasi di Pacet. Ada berbagai agenda yang disiapkan yaitu penekanan nilai KWI (Knowledge, Wisdom, dan Integrity) oleh Pak Bonnie, teknik presentation and communication skill oleh Pak Putu Anom, penekanan nilai kindfulness oleh Pak Pontjo, mindfulness & stress management oleh Pak Sujoko, sharing motivasi berlomba oleh tim PR3MAX yang terdiri dari Rico Tedyono, Mochammad Reyzan Imanda, dan Ryan Febrian Sugiarto, kegiatan outbond dan, talent show.

Penekanan KWI tentunya penting, karena value – value ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk kegiatan dari seluruh anggota civitas Universitas Surabaya sehingga akan menjadikan pembeda bagi lulusan dari Universitas Surabaya dengan yang lain. Pembekalan teknik presentation and communication skill diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menghadapi perkuliahan dengan baik. Pada sesi kindfulness, Pak Pontjo menjelaskan pentingnya karakter yang baik dan mengajarkan untuk terus berbuat kebaikan apapun pendapat orang lain. Pada sesi mindfulness, Pak Sujoko menekankan pentingnya mindful terhadap apapun yang dilakukan, here and now, tidak terpenjara masa lalu dan tidak terobsesi dengan masa depan. Perubahan dapat dimulai dari diri sendiri bahkan mulai dari hal terkecil sekalipun. Pikiran masing – masing pribadi memiliki energi, dimana masing – masing pribadi memiliki pilihan untuk mengisi pikiran seperti apa dan juga pilihan untuk merespon berbagai hal yang dihadapinya. Tim PR3MAX, runner up kompetisi Marketition 2016, juga memberikan motivasi untuk ikut berlomba karena berbagai benefit yang bisa diperoleh seperti pengalaman, networking, financial benefit, dan peluang direkrut perusahaan besar.

Foto Bersama Pak Pontjo yang Membawakan Materi Mengenai Kindfulness

Sedangkan kegiatan outbond, talent show¸serta sharing antara peserta dan panitia dikemas dalam bentuk acara yang lebih santai tetapi tetap menanamkan berbagai value bagi peserta. Kegiatan outbond dikemas dalam bentuk games dimana peserta diajak untuk lebih menyadari bahwa perlu untuk menjadi pribadi yang proaktif sehingga dapat lebih peka dengan lingkungan sekitar dan mengelola dengan baik emosi serta perilakunya. Jimmy Herlambang, salah satu peserta yang merupakan mahasiswa Magister Manajemen angkatan 53 mengatakan bahwa “Adinurani membawa perubahan dalam diri kita masing – masing untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya”. Pada akhirnya acara ditutup dengan pemberian hadiah untuk peserta paling “kindful” yang merupakan pilihan dari peserta sendiri, dan untuk kelompok yang mengumpulkan poin tertinggi. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi seluruh mahasiswa baru pascasarjana serta mengingatkan masing – masing individu untuk tetap selalu “kind” bahkan dalam hal kecil sekalipun. LET’S CLEAR OUR MIND AND BE KIND!