Business Visit International – Malaysia 2018

business-visit-malaysia-2018-1

Foto Bersama peserta Business Visit Internasional

Business Visit (BV) Malaysia 2018 dimulai pada tanggal 23 Mei 2018 hari Rabu. Pukul 03.00 dini hari, kami berkumpul di bandara Juanda dan melakukan check-in bersama-sama. Selanjutnya pukul 05.00, kami berangkat dari Surabaya menuju Kuala Lumpur. Sesampainya di bandara KLIA2, kami naik bus menuju Genting Skywalk. Kami melanjutkan perjalanan ke Genting menggunakan cable car Berikutnya, kami mencari makan dan berjalan-jalan di Genting. Mulai dari berkeliling mall, mencari makanan, hingga masuk ke dalam kasino.

Keesokan harinya, kami melakukan check out sekitar pukul 09.30. Selanjutnya kami sarapan pagi dan bersiap menuju cable car untuk kembali ke KLIA2. Kami tiba di KLIA2 sekitar jam 12.00 dan mencari makan di bandara. Hari ini, rombongan akan melakukan kunjungan ke kantor Air Asia di KLIA2. Di kantor Air Asia, kami disambut oleh Aisyah yang merupakan Manager Talent Management. Kunjungan dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi perkenalan Air Asia dan sesi keliling kantor. Dari sesi perkenalan Air Asia, kami diberikan informasi terkait sejarah Air Asia, value yang dipegang perusahaan, dan strategi bisnis yang dijalankan dalam menggapai competitive advantage menghadapi ketatnya persaingan dengan perusahaan lain. Kunjungan di Air Asia berlangsung sekitar 2 jam dan kemudian kami melanjutkan perjalanan ke hotel menggunakan bus dari KLIA2 – KL Sentral. Sesampainya di hotel, kami langsung mengurus check-in dan menaruh barang-barang bawaan. Lalu makan malam di KLCC (Petronas Twin Tower) dan berfoto-foto.

Hari ketiga adalah hari rombongan mengunjungi Asia-E University yang terletak di Subang Jaya. Kami berangkat pukul 08.00 dan tiba di sana sekitar pukul 09.00. Sesampainya di Asia-E university, kami diajak berkeliling gedung dan tiba di ruang perpustakaan. Selanjutnya kami diajak untuk lebih mengenal Asia-E university dengan mendengarkan sepatah dua kata dari dekan. Sistem pembelajaran yang diterapkan Asia-E university terbilang cukup unik, yaitu berbasis online. Setelah acara selesai, juga ada sesi foto bersama dan pertukaran cinderamata.

business-visit-malaysia-2018-2

Foto Bersama pada waktu di Asia-E University

Setelah dari Asia-E university, kami melanjutkan perjalanan ke Batu Cave yang menjadi icon Malaysia. Perjalanan kami lanjutkan dari Batu Cave ke Aquaria KLCC. Disana, kami melihat banyak binatang laut dalam aquarium yang besar. Dari Aquaria, kami kembali ke hotel untuk istirahat dan bersiap-siap untuk makan malam. Makan malam dilakukan di Bukit Bintang dan dilanjutkan dengan acara jalan-jalan di area tersebut.

Hari keempat dihabiskan dari pagi hingga sore di Sunway yang merupakan suatu kawasan hiburan yang terdiridari theme park (Sunway Lagoon) dan mall (Sunway Pyramid). Sore harinya, kami kembali ke hotel dan mempersiapkan diri untuk membeli oleh-oleh di Sungei Wang. Sungei Wang merupakan pusat oleh-oleh di Kuala Lumpur dan letaknya tidak jauh dari Bukit Bintang dan Pavillion. Selanjutnya adalah hari terakhir BV Malaysia. Pagi hari itu, kami menyempatkan diri berkunjung ke Putra Jaya yang merupakan pusat pemerintahan Malaysia. Setelah dari Putrajaya, kami langsung berangkat ke bandara untuk kembali ke Surabaya. Pesawat menuju Surabaya berangkat pukul 21.00 waktu Malaysia dan kami tiba di Surabaya pukul 23.00. Inilah akhir dari BV Malaysia yang  memberikan banyak pelajaran dan pengalaman berharga.