Learning Outcomes of MM Graduates

Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Pertengahan Juli 2022, tepatnya tanggal 10-12 Juli 2022, Aliansi Program Studi Magister Manajemen Indonesia atau yang lebih dikenal APMMI mengadakan rapat pengurus inti dan diskusi pembahasan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) program studi Magister Manajemen Indonesia.  CPL ini merupakan amanat dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 3 tahun 2020, dimana CPL bidang Sikap dan Keterampilan Umum ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, sedangkan CPL bidang pengetahuan dan keterampilan khusus ditetapkan oleh forum program studi.

Rapat penyusunan CPL APMMI dilaksanakan di Bandung, dengan menghasilkan ketetapan bahwa untuk CPL Prodi MM adalah lulusan prodi MM di Indonesia diharapkan menguasai ilmu, teori serta kerangka konseptual manajemen dan bisnis. Sedangkan untuk keterampilan khusus adalah mampu menerapkan ilmu, teori serta kerangka konseptual manajemen dan bisnis dengan pendekatan inter atau multi disipliner; dan mampu memecahkan permasalahan organisasi melalui kajian bisnis dan manajemen.

Baik CPL pengetahuan dan keterampilan khusus ini adalah syarat minimum yang harus ada di semua prodi MM Indonesia, sehingga prodi MM dapat mengembangkan CPL tambahan yang mencerminkan diferensiasinya dari prodi MM sejenis.

Diharapkan dengan adanya CPL standar maka seluruh lulusan prodi MM memiliki minimum pengetahuan dan ketermapilan yang sama di seluruh Indonesia.

Hasil ini merupakan kesepakatan bersama dalam pengurus inti dan undangan yang terdiri dari UI, Binus, ITB, UGM, Samratulangi, Ubaya, Sriwijaya, Unair, Brawijaya, Udayana, Telkom Univ., Andalas dan Undip.

Gambar 1. Pengurus Inti APMMI 2022-2024
Duduk dari kiri: Unair, Udayana, UI, Sriwijaya
Berdiri dari kiri: Brawijaya, UGM, Andalas, Samratulangi, Undip, Ubaya, dan Telkom Univ.
Gambar 2. Pengelola Program MM yang tergabung dalam APMMI.
Duduk dari kiri: UI, Binus, ITB, UGM
Berdiri dari kiri: Samratulangi, Ubaya, Sriwijaya, Unair, Brawijaya, Udayana, Telkom Univ., Andalas dan Undip.

More Articles

Business Visit 2022

After vacuum for two years due to the Covid-19 pandemic, the Ubaya Master of Management study program conducted a business visit on

Close Menu