KULIAH TAMU “CONTEMPORARY LOGISTICS & SUPPLY CHAIN MANAGEMENT”

Penyerahan Souvenir oleh Ibu Yayuk

Leadership Club Pascasarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya kembali mengadakan kuliah tamu yang digelar pada hari Jumat, 27 Oktober 2017 bertempat di ruang Auditorium Pascasarjana FBE dengan tema “Contemporary Logistics & Supply Chain Management”. Pembicara kali ini adalah Bapak Tenaka Budiman, ST, MM, ASCM, CSLP, seorang ahli dan praktisi di bidang logistik beserta rekannya Ibu Rina. Kuliah tamu ini diawali dengan pembukaan oleh Ibu Siti Rahayu, S.E., M.M., salah seorang dosen pengampu mata kuliah Manajemen Operasi FBE Universitas Surabaya.

Materi yang disampaikan oleh Bapak Tenaka dimulai dari penjelasan tentang evolusi dari Supply Chain Management. Proses evolusi ini diawali dengan bentuk Phsycal Distribution kemudian bergerak menuju Logistic Management hingga berakhir pada pembentukan final Supply Chain Management. Tahap kedua pemaparan beliau menyangkut 4 tahap Supply Chain Evolution yang mencakup Functional Focus, Internal Integration, External Integration, Cross Enterprise Collaboration. Tahap berikutnya beliau mulai memaparkan tentang definisi logistik,  bahwa logistik adalah bagian dari proses supply chain yang menjaga efisiensi dan efektivitas pemenuhan kebutuhan konsumen. Tahap ketiga merupakan tahap inti dari kuliah tamu ini karena pada tahap inilah Bapak Tenaka menjelaskan apa sebenarnya yang dimaksudkan dengan Supply Chain Management.  Berdasarkan pemaparan beliau dengan formulasi bahasa yang sederhana, para peserta akhirnya mengerti bahwa Supply Chain Management adalah jaringan global yang cakupan pelayanannya  dimulai dari bahan baku hingga uang tunai demi menyediakan layanan barang dan jasa yang bernilai guna bagi konsumen.

Pemberian materi oleh Bpk. Tenaka

Tahap selanjutnya adalah tahap ketika beliau menjelaskan tentang 8 tantangan untuk membentuk tatanan Supply Chain Management yang sempurna diantaranya adalah ketepatan dalam produk, kuantitas, tempat, waktu, harga, bebas cacat, faktur yang bersih dari manipulasi, dan pembayaran yang cepat. Bapak Tenaka secara runtut menjelaskan kaitan antara tantangan-tantangan tersebut di atas dengan tekanan kompetisi yang ada sekarang dimana kompetisi sesungguhnya yang terjadi adalah supply chain melawan supply chain dan stock melawan cashflow. Untuk menyisati hal ini adalah dengan cara menerapkan 4P marketing mix serta mengkombinasikannya dengan upaya customer focus. Menurut Bapak Tenaka, customer focus merupakan segala upaya koordinasi yang memelihara proses penyampaian customer value. Tidak ketinggalan pula beliau menjelaskan tentang faktor-faktor yang mendukung tercapainya Supply Chain Management yang berhasil diantaranya perencanaan yang tersinkronisasi, inovasi, eksekusi, replikasi dan otomasi. Sebagai penguat informasi, Bapak Tenaka dan Ibu Rina juga memaparkan peran vital value chain dalam evolusi digital dan bagaimana tanggapan supply chain managers. Terakhir Bapak Tenaka memberikan 10 tips dalam menjalankan supply chain management yang baik, di antaranya pemahaman kebutuhan pelanggan, sinkronisasi, kolaborasi, dan keterbukaan dalam supply chain, pemanfaatan teknologi informasi, dan selalu berusaha mencari solusi yang inovatif. Selanjutnya sesi diisi dengan tanya jawab dan diskusi dengan peserta kuliah, yang mayoritas adalah mahasiswa pascasarjana FBE Ubaya.

Sesi tanya jawab

Monica Lorentia salah seorang peserta dari MM-53 mengatakan bahwa ia sangat senang dengan materi yang dibawakan oleh bapak Tenaka, penyampaiannya asyik dan mudah dipahami. Selama ini dirinya mengira bahwa Supply Chain Management adalah pekerjaan yang mudah, namun setelah mengikuti kuliah tamu ini, ia sadar bahwa ternyata permasalahannya begitu kompleks dan karena itu dibutuhkan manajemen logistik yang baik.

Foto Bersama di Akhir Kuliah