Leadership Club Experience (LCXP) “Bergerak Bersama dalam Harmoni”

Pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang mampu mencetak para pemimpin baru yang berkualitas, sehingga atas dasar itulah acara Leadership Club Experience (LCXP) diadakan. Kali ini BPH LC 11 berperan sebagai tim panitia yang menyelenggarakan pelatihan bagi pada BPH dan anggota LC 12. LCXP yang bertajuk “Bergerak Bersama dalam Harmoni” ini diselenggarakan pada Sabtu-Minggu, 23-24 Februari 2019 bertempat di Kampus 3 Ubaya, Ubaya Training Center. Harmoni merupakan hal yang perlu ditumbuhkan dalam sebuah organisasi agar tujuan dari organisasi tersebut dapat tercapai melalui keharmonisan semua elemen dalam organisasi, oleh karena itu tema tersebut dipilih untuk acara kali ini.

Setelah tiba di area parkir bus, peserta langsung diberikan aktivitas kebersamaan untuk membawa seluruh barang bawaan mereka dengan diikat secara bersama-sama untuk melatih kekompakan. Sesampainya di Hall Welirang, acara dimulai dengan pembukaan sekilas oleh Bapak Bonnie Soeherman, S.E., M.Ak. selaku Ketua Program Studi Magister Akuntansi yang kemudian disambung dengan Sesi 1 yang bertajuk “Meditasi Self Love” oleh Ibu Ariesa Diana, S.E. Dalam sesi ini para peserta diajarkan untuk mencintai diri sendiri. Mencintai diri sendiri penting sebagai dasar untuk dapat mencintai hal-hal yang lain. Tak hanya materi, peserta juga melakukan meditasi untuk dapat semakin menenangkan pikiran mereka.

Seusai makan siang, acara dilanjutkan dengan Sesi 2 yang bertajuk “Mindful Lover”. Materi ini diberikan oleh Bapak Bonnie Soeherman, S.E., M.Ak. Dalam sesi ini, peserta diajarkan bagaimana cara membangun hubungan, baik dengan keluarga, pacar, maupun yang lainnya. Hubungan yang tidak harmonis seringkali disebabkan oleh ego dari manusia, sehingga dalam membina hubungan harus lebih mindfull. Caranya adalah dengan lebih peduli, menerima kelemahan dan kelebihan orang lain, mengapresiasi, dan menoleransi. Setelah berakhirnya sesi ini, acara dilanjutkan dengan kegiatan outbond yang dilakukan di sebuah desa di belakang UTC dengan berbagai permainan menarik dan melalui medan yang cukup menantan adrenalin dan menguras fisik.

Setelah kegiatan outbond yang melelahkan tersebut Bapak Dr. Drs. Wiyono Pontjoharyo, M.M., Ak., CMA. hadir untuk memberikan Sesi 3 dengan tajuk “Great Leaders Create Harmony”. Beliau menekankan bahwa harmoni tidak dapat muncul begitu saja, namun harus diciptakan, dirawat, dan diwariskan kepada generasi penerusnya. Seorang pemimpin harus dapat menciptakan harmoni di lingkungannya. Pemimpin bukan hanya sekedar jabatan, namun bagaimana perannya sebagai orang yang memiliki pengaruh yang membawa organisasi ke arah yan lebih baik. Sesi tersebut ditutup dengan foto bersama dan sesi BBQ dengan sate, ronde, dan angsle.

Minggu pagi, peserta bangun pukul enam untuk ikut serta dalam kegiatan olahraga pagi. Kemudian dilanjutkan dengan sesi 4 yang bertajuk “Ikigai (Menemukan Tujuan Hidup ala Jepang”. Ikigai sebenarnya dibentuk oleh budaya dan peradaban. Jepang mengajarkan dengan baik bagaimana Ikigai diterapkan dalam kehidupan penduduknya dengan menjadi manusia yang sangat beradab. Dari budaya Indonesia sendiri kita dapat belajar dari Semar, sebuah tokoh legendaris yang mengajarkan cara hidup yang beradab, yaitu “Ojo Gumunan, Ojo Kagetan, Ojo Dumeh, Eling lan Waspada”.

Tak berakhir di situ, panitia juga mendatangkan Presiden LC Generasi 5 yang saat ini juga merupakan seorang dosen Program Studi Akuntansi di FBE Ubaya, yaitu Bapak Aris Surya Putra, S,E., M.Ak. Beliau mengisi Sesi 5 yang mengangkat topik “Profesionalisme”. Profesionalisme dibangun dari kinerja yang melebihi ekspektasi dan standar kerja, menguasai cara berkomunikasi yang baik, memiliki kredibilitas, kompetensi, dan perilaku yang baik. Beliau juga menceritakan bagaimana pengalamannya menjadi seorang Presiden LC, yang dimulai dari pemilihan dengan pertaruhan permainan Capsa. Meskipun terlihat konyol, teman-temannya mengakui bahwa Bapak Aris memiliki semua aspek yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Presiden LC, terutama dari segi profesionalitas. Berakhirnya sesi tersebut menandakan berakhirnya rangkaian acara LCXP kali ini. Semoga BPH LC 12 dan jajaran anggotanya dapat membangun sebuah organisasi yang harmonis untuk membawa Leadership Club Pascasarjana FBE Ubaya menjadi lebih baik lagi.