KURIKULUM

Pogram Studi Magister Manajemen memiliki 5 bidang peminatan

  1. Creative Marketing
    Konsentrasi Creative Marketing ditujukan kepada mahasiswa yang ingin mendalami marketing secara menyeluruh, terkait praktik dan fenomena dalam praktik yang up to date. Selain itu konsentrasi ini juga memberikan insight mengenai perkembangan praktik marketing dalam bisnis, serta komunikasi yang efektif strategi pemasaran. Mahasiswa akan berdiskusi mengenai kasus-kasus pemasaran terkini, dan pemecahannya.
  2. Investment Management
    Konsentrasi Investment Management menekankan pada pengelolaan investasi melalui mekanisme pasar modal, dan transaksi keuangan lainnya. Mahasiswa akan diberikan dan berdiskusi mengenai kasus-kasus keuangan di Indonesia dan di dunia, dengan para pakar keuangan dan praktisi. Selain itu mahasiswa juga dibekali mengenai psikologi dalam berinvestasi sehingga selain investasi menggunakan pendekatan fundamental, juga memahami behaviour dalam berinvestasi.
  3. Human Capital Developement
    Konsentrasi Human Capital Development menekankan pada pengelolaan SDM berdasarkan pola terkini, dengan tambahan kekhususan pada proses pembentukan SDM berkualitas melalui training dan career management. Selain itu pengelolaan SDM sangat terkait dengan peningkatan kinerja SDM, sehingga perlu dikembangkan system penilaian SDM yang lebih baik. Mahasiswa akan dibekali dengan teori, konsep dan praktik terkini dalam MSDM, juga kasus-kasus SDM terbaru.
  4. Logistics & Operation Management
    Konsentrasi Logistik dan Manajemen Operasi ini dirancang untuk memberikan dasar bangunan pengetahuan dan sekaligus membentuk keahlian bidang logistik dan manajemen operasi, baik yang berada pada badan usaha manufaktur ataupun jasa. Mahasiswa akan mendapatkan materi logistik dan manajemen operasi yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan jangka pendek, jangka panjang, dan keputusan bisnis taktis.
  5. Strategic Management
    Konsentrasi Strategic Management ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan sekaligus membentuk keahlian bidang Stratejik untuk meningkatkan daya saing dan sustainabilitas perusahaan. Mahasiswa akan mendapatkan materi manajemen strategi dalam lingkungan bisnis yang semakin turbulen. Untuk itu mahasiswa dibekali dengan pengetahuan untuk mengintegrasikan manajemen stratejik dengan semangat kewirausahaan; resturkturisasi bisnis; dan kemampuan mengembangkan strategi dalam lingkungan yang dinamis dan selalu berubah.

Pengambilan matakuliah di MM dapat dilihat pada tabel 1.

Tabel 1. Pengambilan Matakuliah per-semester

Semester 1Semester 2Semester 3Semester 4
Marketing Management – 3 SKSStrategic Management – 3 SKSResearch Methods – 3 SKSThesis – 6 SKS
Operational Management – 3 SKSBusiness Environment – 3 SKSMatakuliah Konsentrasi (3) – 3 SKS
Managerial Finance – 3 SKSMatakuliah Konsentrasi (1) – 3 SKSMatakuliah Elektif (1) – 3 SKS
Human Resources from Organization Perspective– 3 SKSMatakuliah Konsentrasi (2) – 3 SKSMatakuliah Elektif (2) – 3 SKS

Adapun matakuliah untuk masing-masing konsentrasi dan matakuliah elektif disajikan pada tabel 2 dan tabel 3.

Tabel 2. Daftar Matakuliah konsentrasi

NoNamaKredit
Creative Marketing
1.Understanding Customer’s Mind3
2.Integrated Marketing Communication3
3.Creative Marketing Strategy3
Investment Management
1.Global Strategic Finance3
2.Portfolio Management3
3.Professional Financial Planning3
Human Capital Development
1.Inception of Human Resources3
2.Training, Development, and Career Management3
3.Performance Management3
Logistics & Operation Management
1.Logistic and Distribution Management3
2.Service Operation Management3
3.Project Management3
Strategic Management
1.Corporate Strategy & Entrepreneurship3
2.Business Restructuring3
3.Contemporary Topics in Strategy3

Tabel 3. matakuliah elektif

No.NamaKredit
1.Ekonomi Manajerial (Managerial Economics)3
2.Quality of Work Life Management3
3.Behavioral Finance3
4.Contemporary Marketing3
5.Strategic Operation Management3
6.Sistem Informasi Manajemen (Management Information System)3
7.Sistem Pengendalian Manajemen (Management Control System)3
8.Ekonomi dan Manajemen Maritim (Maritime Economics & Management)3
9.Talentpreneurship and Business Modelling3

Jumlah beban studi total Program Studi Magister Manajemen ini berjumlah 42 satuan kredit semester (sks). Beban dan lama studi kumulatif Program Studi Magister Manajemen ditetapkan masa studi normal 4 semester; dan maksimum 8 semester.

Syarat Penerimaan

Program Studi Magister Manajemen UBAYA menerima mahasiswa dengan latar belakang pendidikan yang memiliki gelar Sarjana atau Diploma 4 yang diperoleh dari:

  • Perguruan Tinggi Negeri/Perguruan Tinggi Swasta
  • Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan ijazah yang telah disahkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI.

Pendaftaran mahasiswa MM UBAYA dilaksanakan 2 kali setahun (Tiap semester), dengan syarat:

  1. Melakukan Pendaftaran secara online di https://daftar.ubaya.ac.id/pasca/
  2. Melakukan transfer pembayaran biaya pendaftaran ke rekening UBAYA sebesar Rp. 600.000,- untuk Tes Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Substansi Akademik (TSA).
  3. Mengikuti test penerimaan berupa TPA dan TSA sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
  4. Melakukan pendaftaran ulang setelah dinyatakan diterima.

Mahasiswa dinyatakan diterima bila telah lolos ujian TPA. Mahasiswa yang berasal dari Program Studi S1 Bidang Manajemen, dapat tidak mengikuti matrikulasi bila telah dinyatakan lulus TSA. Semua mahasiswa yang berasal dari program Sarjana Non Manajemen wajib mengikuti perkuliahan matrikulasi.

Perkuliahan matrikulasi bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dan persiapan yang akan membantu mahasiswa mengikuti proses belajar mengajar pada program MM UBAYA.

Perkuliahan matrikulasi MM UBAYA meliputi 4 mata kuliah yaitu:

  1. Manajemen Bisnis
  2. Akuntansi Keuangan
  3. Ekonomi Makro – Mikro
  4. Statistika untuk Bisnis

Biaya matrikulasi, diluar biaya perkuliahan regular MM UBAYA. Perkuliahan matrikulasi dilaksanakan selama 8 kali pertemuan dan mahasiswa mendapatkan textbook dan makan malam.

TOEFL merupakan syarat kelulusan, dimana nilai TOEFL dapat diserahkan saat pendaftaran hingga sebelum lulus program MM UBAYA.

 

Close Menu