Program Studi Magister Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya merupakan salah satu Program Studi “Strata Dua” (S2) bidang manajemen (identik business administration) yang diselenggarakan oleh Ubaya. Ijin penyelenggaraan Program Studi Magister Manajemen dan Magister Ilmu Hukum diperoleh pada 16 Oktober 1992 dengan S.K. Mendikbud No.435/DIKTI/Kep/1992. Pemberian ijin tersebut merupakan rangkaian akreditasi pertama kali oleh DEPDIKBUD bagi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia.
Universitas Surabaya memperoleh ijin bersamaan dengan tiga perguruan tinggi swasta di Jakarta yaitu Universitas Trisakti Jakarta, Universitas Tarumanagara Jakarta, dan Universitas Atma Jaya Jakarta. Sedangkan Ubaya sebagai perguruan tinggi, dikukuhkan secara formal dengan Akte Notaris Djoko Supadmo, S.H. No.25 tanggal 6 Maret 1968 dengan 3 fakultas perintis yaitu Farmasi, Hukum dan Ekonomi dan ditetapkan 11 Maret 1968 sebagai “hari kelahiran” Ubaya.
Makna
- Vitae, diambil dari bahasa Latin Vita yang bermakna Kehidupan.
- Probitas, diambil dari bahasa Latin yang bermakna Kejujuran
- Veritatis, diambil dari bahasa Latin Veritas yang bermakna Kebenaran.
- Secara keseluruhan bermakna MM Ubaya memberikan ilmu untuk bekal kehidupan, dengan berlandaskan pada nilai-nilai Kebenaran dan Kejujuran.
Menjadi sekolah bisnis unggul dengan menekankan pada pengembangan profesionalisme, entrepreneurship, serta jiwa kepemimpinan yang inovatif dan ber-etika dalam persaingan global. Etika, profesionalisme dan jiwa kepemimpian menjadi kata kunci visi PS MM, dan akan berlandaskan pada karakter inspiratif dan inovatif. Dunia bisnis dan industri selain membutuhkan profesionalisme, juga perlu ditekankan pentingnya etika. Selain itu lulusan sekolah bisnis juga harus berwatak pemimpin yang inspiratif dan inovatif.
- Menyelenggarakan kegiatan Tridharma bagi seluruh sivitas akademika yang mendukung terbentuknya profesionalisme, entrepreneurship, serta jiwa kepemimpinan yang inovatif dan ber-etika, dan memberikan manfaat peningkatan kesehjahteraan bagi masyarakat, bisnis dan industri.
- Menyelenggarakan pendidikan bidang manajemen dengan berdasarkan pada pengembangan dan pemutakhirkan kurikulum peminatan yang fokus dalam isu-isu terkini di dunia bisnis dan industri melalui isi dan metode pembelajaran.
- Melaksanakan jejaring kerjasama dengan stakeholder baik dalam dan luar negeri yang saling menguntungkan.
Pernyataan misi inilah yang memberikan daya diferensiasi Program Studi Magister Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya terhadap Program Studi Magister Manajemen lainnya. Implementasi dari diferensiasi sebagaimana yang diungkapkan dalam pernyataan misi akan tercermin pada kurikulum dan proses pembelajaran selama di Program Studi Magister Manajemen Ubaya.
Secara umum penjelasan arti diferensiasi yang terkandung dalam pernyataan misi Program Studi Magister Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya (MM FBE Ubaya) ini adalah penciptaan keunggulan melalui:
- pemberdayaan karakter dan jiwa kepemimpinan dengan integritas pribadi yang beretika, sejalan dengan kompetensi profesional;
- peningkatan kepekaan terhadap perubahan-perubahan yang terjadi, sehingga lulusan memiliki tingkat kepekaan terhadap perubahan yang relatif lebih tinggi (sensitive-responsive);
- peningkatan kemampuan berpikir strategik dan daya tanggap terhadap perubahan (visionary, proactive-anticipative);
- peningkatan penguasaan diri, ketenangan, kesabaran, tegas (self-control, assertive);
- peningkatan kemampuan untuk bekerja secara tim dan lintas budaya (global-local-multicultural);
- peningkatan kemampuan dalam komunikasi ilmiah, khususnya kecakapan menulis dalam konteks kompetensi profesional (writing skill).
Kegiatan utama dalam proses pembelajaran lebih dititikberatkan pada aktifitas mahasiswa agar lebih mandiri (student centered learning) untuk mempersiapkan mahasiswa melaksanakan life-long learning, sedangkan dosen pada dasarnya memberikan bimbingan, pengarahan serta bertindak sebagai fasilitator dan motivator. Proses pembelajaran inilah yang juga mencerminkan kekhasan program sehingga dapat menjadi ajang pembelajaran yang holistic (character as well as mastery education) bagi pembelajar. Adinurani salah satu aktivitas yang secara reguler dilaksanakan untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan MM FBE UBAYA, selain untuk memperkenalkan visi dan misi serta capaian kompetensi peserta didik. Sebagai bagian dari pembentukan kekhasan lulusan MM FBE UBAYA maka Adinurani menjadi syarat mutlak kelulusan mahasiswa dari program MM FBE UBAYA.
Program memberikan gelar akademik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, berupa gelar: Magister Manajemen, yang disingkat dengan “M.M.” sesuai konsentrasi masing-masing, yang harus diletakkan di belakang nama para penyandangnya sebelum gelar profesi
Kompetensi yang dibangun bagi lulusan MM FBE UBAYA adalah menjadi leader dalam bisnis yang disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada level 8 sebagai Ahli dalam Sikap dan Tata Nilai, Kemampuan Kerja, Kemampuan Manajerial, dan Penguasaan Pengetahuan.
- Manajer
Keahlian yang dimiliki mampu menerapkan prinsip manajemen bisnis, menyelesaikan masalah bisnis dengan pendekatan holistik, memiliki jiwa leadership, beretika dan inovatif. - Entrepreneur
Keahlian yang dimiliki mampu merencanakan, mengorganisir, melaksanakan dan mengendalikan usaha baru yang kreatif dan inovatif serta beretika, serta mampu menjalankan bisnis yang proaktif-adaptif terhadap perubahan lingkungan - Konsultan / peneliti
Keahlian yang dimiliki mampu menemukan masalah bisnis, menguasai metode penelitian, dan memberikan solusi bisnis yang inovatif dengan tetap menjaga etika bisnis. - Profesional
Keahlian yang dimiliki mampu menjalankan profesi secara bertanggungjawab dan mengembangkan jejaring dalam dunia bisnis.
Profil Kompetensi lulusan MM FBE UBAYA adalah sebagai berikut:
- Mampu mengembangkan pengetahuan secara berkelanjutan dalam praktik manajemen (continuance improvement)
2. Mampu menyelesaikan masalah bisnis dan manajemen dengan memanfaatkan ilmu manajemen baik dengan pendekatan inter dan atau multi disiplin (problem solver)
3. Mampu membangun, mengembangkan, dan menggunakan jejaring dalam dunia bisnis dan manajemen (networking competence)
4. Mampu berperilaku sesuai etika dan karakter kepemimpinan sebagai warga global yang bertanggungjawab (Global Citizenship)
5. Mampu membangun, mengembangkan, dan menjaga agar organisasi bisnis selalu proaktif-adaptif terhadap perubahan lingkungan bisnisnya (proactive-adaptive).
6. Mampu berpikir inovatif (innovative thinking) dan berkarakter inspiratif saat bertindak dalam praktik manajemen dan bisnis.
Pogram Studi Magister Manajemen memiliki 5 bidang peminatan yaitu
- Creative Marketing
Konsentrasi Creative Marketing ditujukan kepada mahasiswa yang ingin mendalami marketing secara menyeluruh, terkait praktik dan fenomena dalam praktik yang up to date. Selain itu konsentrasi ini juga memberikan insight mengenai perkembangan praktik marketing dalam bisnis, serta komunikasi yang efektif strategi pemasaran. Mahasiswa akan berdiskusi mengenai kasus-kasus pemasaran terkini, dan pemecahannya.
- Investment Management
Konsentrasi Investment Management menekankan pada pengelolaan investasi melalui mekanisme pasar modal, dan transaksi keuangan lainnya. Mahasiswa akan diberikan dan berdiskusi mengenai kasus-kasus keuangan di Indonesia dan di dunia, dengan para pakar keuangan dan praktisi. Selain itu mahasiswa juga dibekali mengenai psikologi dalam berinvestasi sehingga selain investasi menggunakan pendekatan fundamental, juga memahami behaviour dalam berinvestasi.
- Human Capital Developement
Konsentrasi Human Capital Development menekankan pada pengelolaan SDM berdasarkan pola terkini, dengan tambahan kekhususan pada proses pembentukan SDM berkualitas melalui training dan career management. Selain itu pengelolaan SDM sangat terkait dengan peningkatan kinerja SDM, sehingga perlu dikembangkan system penilaian SDM yang lebih baik. Mahasiswa akan dibekali dengan teori, konsep dan praktik terkini dalam MSDM, juga kasus-kasus SDM terbaru.
- Logistics & Operation Management
Konsentrasi Logistik dan Manajemen Operasi ini dirancang untuk memberikan dasar bangunan pengetahuan dan sekaligus membentuk keahlian bidang logistik dan manajemen operasi, baik yang berada pada badan usaha manufaktur ataupun jasa. Mahasiswa akan mendapatkan materi logistik dan manajemen operasi yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan jangka pendek, jangka panjang, dan keputusan bisnis taktis.
- Strategic Management
Konsentrasi Strategic Management ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan sekaligus membentuk keahlian bidang Stratejik untuk meningkatkan daya saing dan sustainabilitas perusahaan. Mahasiswa akan mendapatkan materi manajemen strategi dalam lingkungan bisnis yang semakin turbulen. Untuk itu mahasiswa dibekali dengan pengetahuan untuk mengintegrasikan manajemen stratejik dengan semangat kewirausahaan; resturkturisasi bisnis; dan kemampuan mengembangkan strategi dalam lingkungan yang dinamis dan selalu berubah.
Pengambilan matakuliah di MM dapat dilihat pada tabel 1.
Tabel 1. Pengambilan Matakuliah per-semester
Semester 1 |
Semester 2 |
Semester 3 |
Semester 4 |
Marketing Management – 3 SKS |
Strategic Management – 3 SKS |
Research Methods – 3 SKS |
Thesis – 6 SKS |
Operational Management – 3 SKS |
Business Environment – 3 SKS |
Matakuliah Konsentrasi (3) – 3 SKS |
|
Managerial Finance – 3 SKS |
Matakuliah Konsentrasi (1) – 3 SKS |
Matakuliah Elektif (1) – 3 SKS |
|
Human Resources from Organization Perspective– 3 SKS |
Matakuliah Konsentrasi (2) – 3 SKS |
Matakuliah Elektif (2) – 3 SKS |
Adapun matakuliah untuk masing-masing konsentrasi dan matakuliah elektif disajikan pada tabel 2 dan tabel 3.
Tabel 2. Daftar Matakuliah konsentrasi
No |
Nama |
Kredit |
Creative Marketing |
||
1. |
Understanding Customer’s Mind |
3 |
2. |
Integrated Marketing Communication |
3 |
3. |
Creative Marketing Strategy |
3 |
Investment Management |
||
1. |
Global Strategic Finance |
3 |
2. |
Portfolio Management |
3 |
3. |
Professional Financial Planning |
3 |
Human Capital Development |
||
1. |
Inception of Human Resources |
3 |
2. |
Training, Development, and Career Management |
3 |
3. |
Performance Management |
3 |
Logistics & Operation Management |
||
1. |
Logistic and Distribution Management |
3 |
2. |
Service Operation Management |
3 |
3. |
Project Management |
3 |
Strategic Management |
||
1. |
Corporate Strategy & Entrepreneurship |
3 |
2. |
Business Restructuring |
3 |
3. |
Contemporary Topics in Strategy |
3 |
Tabel 3. matakuliah elektif
No |
Nama |
Kredit |
1. |
Ekonomi Manajerial (Managerial Economics) |
3 |
2. |
Quality of Work Life Management |
3 |
3. |
Behavioral Finance |
3 |
4. |
Contemporary Marketing |
3 |
5. |
Strategic Operation Management |
3 |
6. |
Sistem Informasi Manajemen (Management Information System) |
3 |
7. |
Sistem Pengendalian Manajemen (Management Control System) |
3 |
8. |
Ekonomi dan Manajemen Maritim (Maritime Economics & Management) |
3 |
Jumlah beban studi total Program Studi Magister Manajemen ini berjumlah 42 satuan kredit semester (sks). Beban dan lama studi kumulatif Program Studi Magister Manajemen ditetapkan masa studi normal 4 semester; dan maksimum 8 semester.
Program Studi Magister Manajemen UBAYA menerima mahasiswa dengan latar belakang pendidikan yang memiliki gelar Sarjana atau Diploma 4 yang diperoleh dari:
- Perguruan Tinggi Negeri/Perguruan Tinggi Swasta
- Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan ijazah yang telah disahkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI.
Pendaftaran mahasiswa MM UBAYA dilaksanakan 2 kali setahun (Tiap semester), dengan syarat:
- Melakukan Pendaftaran secara online di https://daftar.ubaya.ac.id/pasca/
- Melakukan transfer pembayaran biaya pendaftaran ke rekening UBAYA sebesar Rp. 600.000,- untuk Tes Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Substansi Akademik (TSA).
- Mengikuti test penerimaan berupa TPA dan TSA sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
- Melakukan pendaftaran ulang setelah dinyatakan diterima.
Mahasiswa dinyatakan diterima bila telah lolos ujian TPA. Mahasiswa yang berasal dari Program Studi S1 Bidang Manajemen, dapat tidak mengikuti matrikulasi bila telah dinyatakan lulus TSA. Semua mahasiswa yang berasal dari program Sarjana Non Manajemen wajib mengikuti perkuliahan matrikulasi.
Perkuliahan matrikulasi bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar dan persiapan yang akan membantu mahasiswa mengikuti proses belajar mengajar pada program MM UBAYA.
Perkuliahan matrikulasi MM UBAYA meliputi 4 mata kuliah yaitu:
- Manajemen Bisnis
- Akuntansi Keuangan
- Ekonomi Makro – Mikro
- Statistika untuk Bisnis
Biaya matrikulasi, diluar biaya perkuliahan regular MM UBAYA. Perkuliahan matrikulasi dilaksanakan selama 8 kali pertemuan dan mahasiswa mendapatkan textbook dan makan malam.
TOEFL merupakan syarat kelulusan, dimana nilai TOEFL dapat diserahkan saat pendaftaran hingga sebelum lulus program MM UBAYA.
Our Lecturer
Dr. Andhy Setyawan, S.Si., M.Sc., CMA (USA)., CPM (Asia).
Marketing Research, Consumer Behavior, Responsible Consumption, Entrepreneurial Marketing, Tourism and Hospitality
Dr. Stefanus Budy Widjaja S, S.T., M.Si.
Operation Management, Lean Production & Logistic Management
Dr. Juliani Dyah Trisnawati, S.Si., M.M., CPPM
Statistics, Operation management, Quality Management, Hospitality Management, Strategic Operation Management.
Dr. Drs.ec. J.L. Eko Nugroho M.Si.
Human Capital Management, Strategic Management, Reward System & Remuneration Techniques, Human Resources from Organization Perspective.
Dr. Drs.ec. Wiyono Pontjo Haryo, MM, Ak., CMA
Accounting, Strategic Management, Management Control System, Family Business Management
Dr. Gregorius Rudy Antonio, M. Sc., Ak. CPA, CPMA, QIA
Accounting Information Systems, Management Information Systems, Data Analytics, Management Audit, Information Systems Audit, Budgeting