SCALE ME UP “LEADING THROUGH INNOVATION”

Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

SCALE ME UP merupakan workshop yang bertujuan untuk mengasah soft skills dari para mahasiswa pascasarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Universitas Surabaya (UBAYA) serta melatih para mahasiswa untuk mampu mengidentifikasi peluang-peluang bisnis baru, dan mampu mencari inovasi terhadap bisnis yang telah ada. Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah “Leading Through Innovation” yaitu sebuah acara dengan visi yang berorientasi terhadap pengembangan future skill dan leadership. Kegiatan yang diawali dengan pelaksanaan psikotes online dari Synergy Human Empowerment (SHE) ini, bertujuan untuk membagi peserta ke dalam 5 kelompok berdasarkan hasil psikotes tersebut sehingga diperoleh kelompok yang saling melengkapi. Kelompok ini nantinya akan menjadi wadah bagi para peserta untuk berproses bersama dengan membuat suatu ide yang inovatif terkait pengembangan UBAYA yang dikaitkan dengan Sustainable Development Goals (SDG). Setelah psikotes tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan workshop yang dilaksanakan selama dua hari dengan perincian hari pertama berupa pemaparan materi oleh para pembicara dan hari kedua adalah presentasi hasil project serta penilaian dari para juri.

Decision Making & Leading Skills in Digital Era, Bapak Drs. Wiyono Pontjoharyo, M.M., Ak., CMA. yang membawakan Sesi 2: How to Compete with Automatons? – part 1, Bapak Adhicipta Raharja Wirawan, S.E., M.A., Ak. yang membawakan Sesi 3: How to Compete with Automatons? – part 2, dan Bapak Dr. Bonnie Soeherman, S.E., M.Ak. yang membawakan Sesi 4: Presentation Skill. Sesi 1 menjelaskan tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik dan bagaimana melakukan pengambilan keputusan secara tepat. Sesi 2 dan 3 membahas terkait bagaimana kita dapat hidup berdampingan dengan teknologi serta memanfaatkannya, baik secara konsep teori maupun contoh-contoh praktis di kehidupan. Sesi terakhir, yaitu sesi 4 membahas terkait bagaimana cara melakukan presentasi yang tepat, baik secara online maupun offline.

Gambar 1. Dokumentasi dengan pembicara sesi 1 dan 2
Gambar 2. Quotes yang diberikan oleh pembicara sesi 4

Total peserta yang bergabung dalam kegiatan ini adalah 38 orang ditambah dengan mentor sebanyak 5 orang, yang terbagi menjadi 5 kelompok berbeda yang menghasilkan ide-ide menarik. Materi yang dipaparkan mendapatkan respons positif dan aktif dari para peserta. Hal tersebut tertuang dalam posttest yang telah diisi peserta. Ide-ide baru yang dikemukakan oleh para peserta juga turut mendapatkan respons yang positif dari para juri, bahkan diapresiasi untuk dijadikan salah satu program baru oleh UBAYA untuk direalisasikan. Terdapat 3 juri yang menilai hasil project para peserta, antara lain Bapak Prof. Drs.ec. Sujoko Efferin, M.Com(Hons)., M.A., Ph.D., Bapak Aris Surya Putra, S,E., M.Ak., dan Bapak Gunawan Christianto, S.E., M.M. Dalam kegiatan kali ini, kelompok yang menjadi favorit para juri adalah Kelompok 4 dengan ide menciptakan sebuah aplikasi yang dinamakan “UBAYA SMART APPS” yakni aplikasi yang menyediakan fitur seperti platform komunitas, jadwal kuliah, top up saldo e-wallet, klinik ubaya, dan fasilitas umum lainnya.

Gambar 3. Presentasi project oleh peserta dan sesi tanya jawab dengan juri
Gambar 4. Tampilan UBAYA SMART APPS oleh kelompok 4

More Articles

DARI KARYAWAN MENJADI ENTREPRENEUR

Leadership Club Pasca Ubaya kembali melaksanakan webinar dengan menggunakan praktisi bisnis dalam seminar yang dilaksanakan pada hari selasa 27/7/2021. Kali ini pembicara

FROM EMPLOYEE TO ENTREPRENEUR

The Ubaya Postgraduate Leadership Club once again held a webinar inviting a businessman that took place on Tuesday, 27/7/2021. This time, the

Close Menu