SEMINAR “IMPROVE THE STARTUP QUALITIES TO WIN THE MARKET”

Foto Bersama KPS dan Panitia di Akhir Acara

Leadership Club (LC) 9th Generation Pascasarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya pada hari Jumat, 8 September 2017 kembali menggelar sebuah seminar yang berjudul “Improve the Startup Qualities to Win the Market”. Seminar yang diketuai oleh Christopher Tjandra ini menghadirkan pembicara Prof. Soenarto M.Sc, MA, PhD dan Prof. Dr. Hj. Rahmawati, MSi, Ak dan dihadiri pula oleh Ketua Program Studi Magister Akuntansi Dr. Bonnie Soeherman S.E., M.Ak., serta Ibu Lucya Erlinda Sonia S.E., M.A.

Pembukaan seminar diawali dengan sambutan dari Ketua Program Studi Magister Akuntansi Dr. Bonnie Soeherman S.E., M.Ak. Selanjutnya seminar awal disajikan oleh Prof. Dr. Hj. Rahmawati, MSi, Ak. Beliau sharing mengenai pengalamannya saat membina bisnis UKM di Surakarta dan memberikan tips/kiat tentang bagaimana mengembangkan jiwa berwirausaha. Beliau juga memberikan gambaran terkait kompetensi diri yang harus dimiliki dalam memulai suatu usaha/pekerjaan, yakni knowledge (pengetahuan), teknologi, komunikasi lisan, mampu bekerja dalam tim (mandiri), serta berpikir analitis. Saat kita hendak memulai usaha namun tidak memiliki modal untuk memulai, ada baiknya untuk tetap memiliki pemikiran yang positif, jangan pantang menyerah, terus meningkatkan rasa percaya diri, dan terus memperkaya ruang lingkup (networking). Pengembangan UKM yang dipadukan dengan teknologi  mendorong kita untuk naik kelas menjadi entrepreneur skala menengah dalam arti bisnis dapat bertumbuh menjadi usaha yang sehat, mantap, menghasilkan laba, dan bankable. Kata penutup yang sangat indah dibagikan kepada semua peserta bahwa kita jangan lupa untuk terus belajar mandiri dan selalu bersyukur di setiap kondisi yang dihadapi.

Seminar dilanjutkan oleh Prof. Soenarto M.Sc., MA, PhD. Beliau mengulas tentang pentingnya softskill di dalam dunia bisnis. Ketika kita sedang berusaha, kita diharapkan dapat mengendalikan pikiran dari hal-hal yang negatif dan harus mempunyai keinginan yang kuat untuk mencapai tujuan. Ukuran perkembangan manusia dapat dilihat dari index pembangunan manusia (IPM) dengan indikator yakni tingkat harapan hidup, tingkat pendidikan, dan pendapatan per kapita. Data statistik menunjukkan bahwa IPM Indonesia tergolong rendah karena daya saing di Indonesia rendah. Begitu juga dengan infrastruktur yang ada di Indonesia.

Pemerintah telah mencanangkan sebuah visi untuk Indonesia pada tahun 2015 untuk bisa meningkatkan daya saing Indonesia. Program MP3EI (Master Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia) guna mendorong terciptanya kegiatan ekonomi yang terintegrasi dan bersinergi, serta bernilai tambah yang tinggi. Program ini memberikan terobosan, yakni supaya antara pemerintah dan swasta dapat saling bersinergi dalam menciptakan lapangan pekerjaan. Pihak swasta diharapkan memiliki ruang untuk memberi lapangan pekerjaan, semisal dengan berinvestasi.

Foto penyerahan souvenir oleh KPS Magister Akuntasi

Acara kemudian ditutup dengan penyerahan souvenir dan foto bersama dengan Kaprodi Magister Akuntansi Dr. Bonnie Soeherman S.E., M.Ak. beserta panitia seminar serta penyerahan voucher buku dari Keluwih.

Foto Penerima Voucher Toko Buku Keluwih

“Seminar ini membuka wawasan saya mengenai perkembangan dunia bisnis secara khusus bisnis startup”, ujar Amanda Prive, salah satu mahasiswa peserta seminar.

So, semangat berwirausaha!