WEBINAR “STRATEGI MENEMBUS JURNAL INTERNASIONAL”

Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

28 November 2020, Dalam membantu para mahasiswa Pascasarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya yang mengalami kesulitan dalam hal mempersiapkan publikasi di jurnal terakreditasi sebagai salah satu syarat kelulusan gelar “Magister”, Leadership Club Pascasarjana FBE UBAYA melaksanakan kegiatan webinar yang berjudul “Strategi Menembus Jurnal Internasional” dengan pembicara tunggal, Prof. Augusty Ferdinand selaku Dosen Luar Biasa Universitas Surabaya dan Guru Besar Universitas Diponegoro. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 28 November 2020 ini dipandu oleh Dr. Werner Ria Murhadi, S.E., M.M., CSA., sebagai moderator. Salah satu kiat penting yang diberikan oleh Prof. Augusty dalam melakukan publikasi di jurnal internasional adalah “menulislah dengan baik, karena sudah meneliti dengan baik.”, yang berarti hal terpenting adalah melakukan penelitian yang berkualitas yang kemudian akan diterbitkan dalam jurnal dengan reputasi baik.

fig. 1 dokumentasi kegiatan

Hambatan yang umumnya dialami dalam melakukan publikasi jurnal adalah proses penelitian yang tidak tepat hingga akibatnya menyebabkan publikasi di jurnal internasional tidak diterima.  Hal-hal lain yang dikemukakan oleh Pembicara adalah pedoman penulisan jurnal, mengenali research gap, kiat menyajikan literatur dengan benar serta menulis telaah pustaka, dan saran-saran dalam mengenali jurnal-jurnal predatory yang banyak beredar di internet. Terakhir, Prof. Augusty juga memberitahukan cara mengenali jurnal berkualitas yang dapat digunakan sebagai acuan dan perkiraan durasi proses pengajuan publikasi di jurnal internasional, yakni sekitar 1-2 bulan.

fig. 2 Pembicara
Prof. Augusty Ferdinand

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam tersebut mendapatkan feedback yang sangat baik dari para peserta. Semoga kegiatan ini dapat membantu para mahasiswa yang masih mengalami kesulitan dalam melaksanakan publikasi di jurnal internasional.

More Articles

BELAJAR DARI VIETNAM PENANGANAN COVID-19

MM ubaya pada hari Sabtu, 29 Mei 2021 kembali mengundang praktisi bisnis internasional untuk memberikan kuliah umum untuk civitas academica. Kali ini

Close Menu