Webinar Triumph the New Normal

Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Sejak akhir tahun 2019, wabah pandemik virus Corona atau dikenal dengan Corona Virus Disease (COVID-19), telah melanda ke seluruh dunia dan berdampak ke banyak sektor dalam kehidupan manusia. termasuk sektor ekonomi. Dunia pun mengambil keputusan untuk beradaptasi dengan kondisi pandemik ini dan mulai menerapkan konsep kehidupan yang dikenal dengan konsep “New Normal”, yakni menjalankan proses kehidupan sebagaimana sebelum pandemik terjadi namun dengan penyesuaian terhadap protokol kesehatan. Konsep new normal yang menimbulkan pola kebiasaan baru di tengah masyarakat yang mengharuskan para pelaku bisnis menyusun strategi agar dapat bangkit dari keterpurukan dan menghadapi masa new normal.

Menanggapi proses adaptasi tersebut, Leadership Club (LC) Pascasarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Universitas Surabaya terinspirasi untuk menyelenggarakan kegiatan webinar “Triumph The New Normal – strategy for survive & revive in new normal age” sebagai wadah bagi masyarakat atau para pelaku bisnis yang berminat untuk memperdalam pengetahuan mengenai strategi dalam menghadapi segala ketidakpastian di masa new normal.

Gambar 1. Bapak Benny Muliawan

Kegiatan webinar ini dilaksanakan pada tanggal 03 Oktober 2020 pada pukul 15.00 – 16.45 WIB ini dibuka oleh Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya, Bapak Dr. Putu Anom Mahadwartha, kemudian dilanjutkan dengan perkenalan profil pembicara yaituBapak Benny Muliawan selaku Director of PT. Indah Golden Signature dan PT. BNL Patent, serta moderator yaitu Bapak Dr. Werner Ria Murhadi, S. E., M. M., CSA selaku dosen FBE dan Ketua Program Studi Magister Manajemen FBE UBAYA. Acara dimulai dengan pembawaan materi oleh Bapak Benny yang berisi poin-poin penting agar dapat survive and revive di masa new normal ini yaitu jangan pernah merasa minder atas usaha yang sedang kita jalani, bekerja dengan fokus, mendapatkan kepercayaan dari publik, dan membangun brand diri (bahkan dengan nama pribadi), serta inovatif dan siap mengahapi tantangan.

Gambar 2. Foto Pelaksanaan Webinar

Selanjutnya Bapak Benny juga memberikan beberapa tips seperti:

  • Business anticipated – mencari tahu apakah masalah yang sedang dihadapi ini dapat diubah menjadi peluang bisnis yang patut dicoba
  • Compliance – mematuhi segara aturan hukum yang berlaku
  • Sumber Daya Manusia (SDM) yang ramping, lebih banyak menggunakan teknologi
  • Melakukan tendangan bayangan yaitu kejelian perusahaan dalam melihat suatu peluang menggandeng pihak lain yang mempunyai kepentingan serupa.
Gambar 3. Foto Pelaksanaan Webinar

Pada sesi tanya-jawab di webinar terdapat pertanyaan tentang kebangkitan pasar yang kemudian dijawab oleh Bapak Benny, bahwa jika kita mampu bertahan di tahun 2020, maka berdasarkan prediksi InternationalMonetaryFund (IMF) pada tahun 2021 akan terjadi lonjakkan ekonomi. Selanjutnya Pak Benny menekankan pentingnya bisnis melakukan inovasi agar dapat mengubah permasalahan yang ada menjadi peluang yang menguntungkan bagi bisnis. Sebagai contoh perusahaan manufaktur pakaian, pada saat masa new normal ini bisa berganti haluan yang mana biasanya memproduksi pakaian seperti baju dan celana, sekarang dapat memproduksi masker kain yang mana sangat dibutuhkan untuk beraktivitas pada masa new normal. Bapak Benny juga menambahkan bahwa peluang itu selalu ada, tergantung dari bisnis apakah dapat memanfaatkan peluang tersebut atau tidak.

More Articles

BELAJAR DARI VIETNAM PENANGANAN COVID-19

MM ubaya pada hari Sabtu, 29 Mei 2021 kembali mengundang praktisi bisnis internasional untuk memberikan kuliah umum untuk civitas academica. Kali ini

Close Menu