Workshop SPSS “Taklukkan Statistik dalam Sehari”

Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email

Pada tanggal 27 April 2019, Leadership Club mengadakan workshop statistik dengan menggunakan software SPSS sebagai alat bantu pengujian statistik. Seminar kali ini di isi oleh Andhy Setyawan S.Si., M.Sc., Ph.D. (Cand.).

Workshop dimulai dengan penjelasan terkait perbedaan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif, dengan harapan peserta seminar memiliki pemahaman yang benar terkait dengan cara kerja kedua penelitian tersebut. Setelah memberikan pengertian dasar, seminar kali ini dilanjutkan dengan praktek langsung penggunaan SPSS. Pada workshop ini juga dikenalkan berbagai teknik dasar yang ada di SPSS. , agar peserta memahami dengan baik, maka metode yang digunakan dengan menggunakan berbagai contoh kasus.

Case pertama mengambil case dari Milky UHT dengan beberapa permasalahan yang ada, seperti pengelompokan data penjualan, rata – rata dan standar deviasi, varian rasa yang unggul, target penjualan perusahaan, dan uji hipotesis. Kesimpulan lainnya dari case pertama ini adalah sebagai hasil evaluasi dari investasi yang telah dilakukan di perusahaan tersebut, sehingga bisa menghasilkan keputusan yang lebih bijak dalam meningkatkan perusahaan perusahaan. Case kedua menggunakan kasus smiling face, peserta seminar diminta untuk menganalisa pola grafik ekspresi wajah dan beban pikiran pada contoh responden yang telah ditentukan. Setelah mengetahui pola grafik yang ada, peserta pelatihan diminta untuk menganalisa pengaruh mediasi ekspresi wajah endorser pada evaluasi produk, sehingga bisa menciptakan keputusan kebijakan untuk manajemen pemasaran yang ada pada case. Sesi ke-tiga menggunakan case YLKI, untuk mengetahui apakah iklan pelangsing badan dapat dipertanggungjawabkan secara empiris, dilanjutkan dengan case ke-empat yaitu Pithik Echo dengan tujuan untuk mempelajari cara menguji hipotesis yang ada pada kasus dengan contoh objek rumah makan. Case kelima menggunakan case ETT, pada kasus kali ini bertujuan untuk melatih para peserta untuk menguji model penelitian yang telah disediakan, dengan menguji model penelitian yang ada, para peserta seminar dapat mempelajari cara untuk mengambil keputusan dengan uji model penelitian yang telah dilakukan, case keenam adalah case HCS, case ini memberikan kesempatan kepada para peserta seminar untuk menguji hipotesis berdasarkan indikator – indikator yang telah disediakan pada case tersebut, dengan mempelajari metode ini, peserta seminar mampu membuat keputusan bijak berdasarkan hasil uji indikator yang telah dilakukan. Case terakhir menggunakan kasus viva news yang membahas positioning portal berita tersebut di antara para pesaingnya dengan menggunakan variabel atribut berdasarkan persepsi konsumen.

Seminar kali ini terdapat tujuh (7) case yang di bahas, dimana setiap case telah disediakan datanya, serta cara pengolahan yang disajikan juga terdapat dilembar modul pelatihan. Diakhir acara Andhy menyatakan kepada para peserta seminar untuk terus memiliki rasa ingin tahu dalam memahami statistik sehingga akan terbiasa dengan setiap kasus yang dijumpai dan terbiasa dalam memahami setiap permasalahan, sehingga bisa membuat keputusan bijak disetiap permasalahan. Ditambah dengan motivasi tambahan terkait kehidupan, agar para peserta seminar dapat mengejar mimpi mereka, tanpa perlu takut mendengarkan kata orang lain.

More Articles

KOLABORASI MM UBAYA – APMMI

Aliansi Program studi Magister Manajemen Indonesia (APMMI) kembali melakukan kolaborasi dalam bentuk International seminar of contemporary research on business and management (ISCRBM)

Close Menu