BLOG and News

WEBINAR “STRATEGI MENEMBUS JURNAL INTERNASIONAL”

WEBINAR “STRATEGI MENEMBUS JURNAL INTERNASIONAL”

Facebook
Twitter
LinkedIn

Dalam membantu para mahasiswa Pascasarjana Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya yang mengalami kesulitan dalam hal mempersiapkan publikasi di jurnal terakreditasi sebagai salah satu syarat kelulusan gelar “Magister”, LeadershipClubPascasarjana FBE UBAYA melaksanakan kegiatan webinar yang berjudul “Strategi Menembus Jurnal Internasional” dengan pembicara tunggal, Prof. Augusty Ferdinand selaku Dosen Luar Biasa Universitas Surabaya dan Guru Besar Universitas Diponegoro. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 28 November 2020 ini dipandu oleh Dr. Werner Ria Murhadi, S.E., M.M., CSA., sebagai moderator. Salah satu kiat penting yang diberikan oleh Prof. Augusty dalam melakukan publikasi di jurnal internasional adalah “menulislah dengan baik, karena sudah meneliti dengan baik.”, yang berarti hal terpenting adalah melakukan penelitian yang berkualitas yang kemudian akan diterbitkan dalam jurnal dengan reputasi baik.

Hambatan yang umumnya dialami dalam melakukan publikasi jurnal adalah proses penelitian yang tidak tepat hingga akibatnya menyebabkan publikasi di jurnal internasional tidak diterima.  Hal-hal lain yang dikemukakan oleh Pembicara adalah pedoman penulisan jurnal, mengenali research gap, kiat menyajikan literatur dengan benar serta menulis telaah pustaka, dan saran-saran dalam mengenali jurnal-jurnal predatory yang banyak beredar di internet. Terakhir, Prof. Augusty juga memberitahukan cara mengenali jurnal berkualitas yang dapat digunakan sebagai acuan dan perkiraan durasi proses pengajuan publikasi di jurnal internasional, yakni sekitar 1-2 bulan.

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam tersebut mendapatkan feedback yang sangat baik dari para peserta. Semoga kegiatan ini dapat membantu para mahasiswa yang masih mengalami kesulitan dalam melaksanakan publikasi di jurnal internasional.

Gambar 1. Peserta Seminar
Gambar 2. Prof. Dr. Augusty F pembicara webinar
 
More Articles
Foto Bersama dengan National Chung Cheng University
Kerjasama UBAYA dengan Universitas di Taiwan

Kembali Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya melakukan perluasan kerjasama dengan kampus di Taiwan pada 10-16 Oktober 2024. Kali ini kerjasama dilakukan dengan National Chung