BLOG and News

Global Network for Advanced Management (GNAM) 2022

Global Network for Advanced Management (GNAM) 2022

Facebook
Twitter
LinkedIn

Tahun ini kembali kegiatan Global Network for Advanced Management (GNAM) dilaksanakan selama 5 hari yaitu 14-18 Maret 2022. Acara ini merupakan acara tahunan yang dilaksanakan oleh Universitas Indonesia denagan melibatkan sekolah bisnis MM/MBA dari dalam dan luar negeri. Tahun ini, MM-UBAYA mengirimkan lima delegasi yaitu Zofarizal Gusfa, Adelia Intan, Lusthya Resita, Rizal Maulana dan Muhtar Gozali. GNAM tahun ini di ikuti oleh mahasiswa Magister Manajemen dari berbagai universitas nasional maupun internasional. Universitas yang mengikuti GNAM tahun ini diantaranya Universitas Surabaya, Universitas Indonesia, Indian Institute Of Management–Bangalore (IIMB), University of New South Wales (UNSW), European School of Management and Technology (ESMT) dan sebagainya. Tahun ini tema yang diambil adalah “Nurturing Green Growth to Reinforce Resilience and Sustainable Recovery”.  Tantangan utama pada perusahaan adalah bagaimana menerapkan strategi keberlanjutan selama dan setelah masa pandemi, perusahaan harus lebih memperhatikan penerapan Prinsip Triple P (People, Profit, dan Planet). Kegiatan ini diselenggerakan dalam beberapa sesi, sesi sharing/seminar bersama praktisi-praktisi dari Pemerintah maupun Swasta, yang mengisi di sesi sharing diantaranya dari Kementrian Ekonomi, Kementrian Perindustrian, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT. Bank Mandiri Tbk, PT. Pegadaian Persero, Strawberry Patch, PT Arwana Citramulia Tbk, PT. Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP/APRIL), PT. Aneka Tambang, Tbk.Dari seminar ini, mahasiswa banyak diberikan wawasan mengenai bagaiman praktek-praktek kepedulian perusahaan dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

Setelah semua sesi sharing, semua peserta diberikan project untuk menjawab dan mempresentasikan dari permasalahan sesuai dengan tema yang telah diberikan. Salah satu wakil Ubaya, Zofarizal Gusfa masuk kedalam group 7 yang mana didalamnya terdiri dari mahasiswa magister manajemen UBAYA, UI, Universitas Tarumanegara, Universitas Udayana, dan ESMT. Di dalam kelompok tersebut mereka menjawab seluruh pertanyaan dengan berdiskusi dan saling bertukar pikiran. Hasil diskusi dipresentasikan dan dibuat video presentasi sesuai dengan peraturan dari panitia. Group 7 berhasil mendapat posisi runner-up dari hasil presentasi dan video presentasi kami.

Degnen mengikuti aktivitas GNAM, mahasiswa MM UBaya diajak unutk belajar berinteraksi dengan mahasiswa khususnya mahasiswa luar negeri untuk saling belajar dan saling menghargai perbedaan pendapat dalam lingkungan yang diversitas tinggi. MM Ubaya terus membekali mahasiswa dengan kompetensi untuk dapat berkarya dalam lingkunga global yang berbeda dalam budaya, bahasa dan cara berpikir. Menghargai diversitas merupakan salah satu ciri dari cendekia.

Figure 1.  Sesi oleh Menteri Koordinator Perekonomian Bp. Airlangga Hartato
Figure 2. Group 7 yang berhasil memperoleh Runner-Up dalam sesi diskusi.
More Articles