BLOG and News

Stress Management: Against Work and College Life

Stress Management: Against Work and College Life

Facebook
Twitter
LinkedIn

Leadership Club Pasca Sarjana kembali menyelenggarakan seminar yang terbuka untuk umum pada hari Sabtu, 28 Mei 2022, denganpembicara praktisi dan psikolog Dr. Dra. Artiawati, M.App.Psych, Psikolog. Hari ini banyak mahasiswa dan pekerja yang sedikit-sedikit menyatakan stress dan perlu “healing” di status social medianya. Namun apakah itu stress, dan bagaimana mengatasinya perlu dipahami lebih jauh.  Menurut Dr. Artiawati, stress merupakan kondisi fisik maupun psikis yang tidak seimbang sebagai respon karena adanya situasi-situasi yang tidak diharapkan. Terdapat empat reaksi yang dapat ditimbulkan oleh seseorang yang mengalami stress yaitu reaksi fisiologis, reaksi emosional, reaksi perilaku, dan reaksi intelektual. Keempat reaksi ini dapat muncul secara bersama-sama maupun muncul secara bertahap pada orang yang mengalami stress. Orang yang mengalami stress menandakan bahwa orang tersebut merupakan orang yang produktif, dengan kata lain orang yang tidak mengalami stress dalam hidupnya menandakan bahwa orang tersebut tidak produktif. Akan tetapi perlu diingat juga bahwa kondisi stress yang dialami tidak boleh berlebihan karena jika berlebihan dapat memberikan dampak buruk terhadap seseorang. Terdapat tiga tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi stress yaitu dengan positive self-talk, relaksasi, dan time management. Positive self-talk diakukan dengan selalu menanamkan pikiran positif dalam diri kita (positive thinking).

Demikian ringkasan webinar, so teman-teman tetap semangat dalam bekerja dan belajar, dan ikuti tips yang telah disampaikan agar kinerja dalam bekerja baik dan studi bisa lancar yah.

Gambar 1. Pembicara Dr. Dra. Artiawati, M.App.Psych, Psikolog didamping penanggap akademis Dr. Werner R. Murhadi, SE, MM, CSA, CIB, CRP.
Gambar. Peserta webinar
More Articles