BLOG and News

Sustainable Business Development Strategy

Sustainable Business Development Strategy

Facebook
Twitter
LinkedIn

Persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat, bahkan di istilahkan berada dalam kondisi red ocean (laut merah). Untuk dapat memenangkan bisnis dan memiliki daya saing berkelanjutan, maka perusahaan diharapkan mengembangkan strategi bisnis yang sustainable. Untuk itu, hari Sabtu, 03 Desember 2022, kembali Leadership Club Ubaya menyelenggarakan webinar dengan tema  “Dealing with High Competition in Business : How to Create A Competitive Advantage As A Sustainable Business Development Strategy”.  Kegiatan berlangsung secara online menggunakan aplikasi zoom. Webinar dibuka dengan kata sambutan oleh Werner R. Murhadi selaku KPS MM dan juga sebagai penanggap akademis dalam webinar ini. Webinar dibawakan oleh Pembicara yang profesional dibidangnya yaitu Moehamad Irwan Maulana (Senior Executive Vice President – PT Agro Medika Nusantara, sub holding PTPN VIII). Menurut Irwan Maulana, sebelum membahas mengenai strategi bisnis perlu dimengerti mengenai apa itu organisasi. Manajemen dapat mengelola sumber daya dengan menggunakan sistem/aturan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan. Untuk meraih tujuan tersebut, setelah manajemen diperlukan strategi. Strategi merupakan cara untuk mencapai tujuan yang dilakukan secara terintegrasi dengan memanfaatkan seluruh sumber daya yang dimiliki. Strategi perlu diintegrasikan dan dikoordinasikan untuk mengeksploitasi kompetensi inti dan mendapatkan keunggulan kompetitif. Sebuah bisnis dikatakan berkelanjutan jika perusahaan mampu mencapai tujuan yang ada yang dapat meningkatkan nilai dalam jangka waktu panjang, serta memiliki konsistensi dalam menjaga apa yang sudah dicapai. Unique capabilities merupakan seperangkat sumber daya unik yang terdiri dari aset berwujud, aset tidak berwujud, dan kapabilitas organisasi untuk memanfaatkan aset. Kapabilitas unik yang dapat menciptakan keunggulan kompetitif adalah kapabilitas yang memiliki empat sifat medasar, yakni bernilai, langka, sulit ditiru dan sulit disubtitusi. Sustainable business merupakan bisnis yang berkelanjutan dimana sangat penting untuk saat-saat ini karena adanya lingkungan eksternal berubah dengan cepat, kebutuhan pelanggan berkembang pesat, dan adanya risiko material (harga energi, perubahan iklim, keamanan dunia maya, dsb). Kapabilitas unik dianggap sebagai faktor internal dalam bisnis, dan peluang maupun ancaman merupakan faktor eksternal dalam bisnis. Dengan adanya kedua faktor tersebut dapat menciptakan sebuah strategi dimana strategi yang digunakan harus mencapai keunggulan kompetitif bagi perusahaan sehingga bisnis dapat berkelanjutan.

Akhirnya webinar yang diikuti sekitar 252 peserta ini ditutup dengan suatu harapan agar SDM dalam organisasi mampu mengembangkan strategi bisnis yang sifatnya unik dan berkelanjutan agar dapat bersaing dalam lingkungan yang bergejolak.

Gambar 1. Pemateri M. Irwan Maulana bersama penanggap akademis Dr. Werner R. Murhadi
Gambar 2. Materi Presentasi M. Irwan Maulana
More Articles