BLOG and News

SEMINAR INTERNASIONAL “How Operations and Branding Transform Business Through Talent Acquisition?”

SEMINAR INTERNASIONAL “How Operations and Branding Transform Business Through Talent Acquisition?”

Facebook
Twitter
LinkedIn

MM FBE UBAYA kembali melaksanakan Webinar internasional yang dilakukan oleh Leadership Club dengan tema “How Operations and Branding Transform Business Through Talent Acquisition?”. Webinar dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 November 2023 dengan pembicara Assoc. Prof. Maela Madel L. Cahigas dari Mapua University, Filipina.

Webinar dibuka dengan salam dari Bapak Adi Prasetyo T., B.Bus., M. COM. sebagai moderator, dan dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Dr. Werner Ria Murhadi S.E., M.M., CSA., CIB., CRP selaku Ketua Program Studi Magister Manajemen.

Pembahasan dimulai dengan menjelaskan corporate key terms yang terdiri dari operations, branding, talent acquisition. Proses rekrutmen ini tidak hanya untuk mengisi posisi yang kosong dalam perusahaan melainkan mencari individu yang tepat dan memiliki skill. Contoh berupa perusahaan Google yang mengadopsi talent acquisition dalam proses rekrutmen karyawannya. Terdapat beberapa proses rekrutmen yang dilakukan oleh Google, yaitu: 1. Assessment Calon karyawan akan diminta untuk mengikuti ujian atau tugas terutama untuk peran teknis, tujuannya adalah untuk menilai keterampilan dan kemampuan teknis mereka. 2. Short virtual chats Setelah berhasil melalui seleksi assessment, calon karyawan diundang untuk wawancara awal yang bersifat kasual dan santai melalui telepon baik secara individu maupun kelompok dengan pihak penyelenggara. 3. Project work Sama seperti assessment namun yang membedakan adalah test ini dalam bentuk proyek yang relevan dengan Google. 4. Interviews Merupakan wawancara yang bersifat formal untuk menilai kesesuaian kandidat. Selain itu Google juga memiliki beberapa recruitment techniques, terdiri dari: 1. Data-driven process Dalam proses rekrutmen Google akan menggunakan pendekatan berbasis data untuk menganalisis pengalaman dan keterampilan individu untuk menemukan kandidat yang tepat, serta menggunakan hiring metrics melalui aplikasi pencari kerja untuk menemukan kandidat potensial yang efisien. 2. Rule of four, dimana  Prinsip yang melibatkan empat wawancara terpisah yang bertujuan untuk memastikan keobjektifan dan pengambilan keputusan komprehensif terhadap potensi kandidat. 3. Structured interviewing Google untuk menilai kemampuan kognitif seperti pemikiran kritis dan bagaimana pemecahan masalah, gaya kepemimpinan, pengetahuan dalam posisi yang tersedia, dan memperhatikan kesesuaian kandidat dengan budaya perusahaan. Dari contoh proses dan teknik rekrutmen yang dilakukan oleh Google di atas dapat disimpulkan bahwa talent acquisition memang lebih kompleks untuk menemukan karyawan yang tepat dan berpotensi. Kendati demikian, kompleksitas di awal akan sangat menentukan keberlangsungan operasional dan branding perusahaan untuk jangka panjang. Acara kemudian ditutup dengan foto Bersama.

 

Gambar 1. Pembicara Assoc. Prof. Maela Madel L. Cahigas dan moderator Adi Prasetyo T.

Gambar 2. Aktivitas Webinar Internasional

More Articles
Gambar 1. Penyerahan Cinderata Mata oleh KPS MM Universitas Mercu Buana kepada KPS MM FBE UBAYA
Kunjungan dari MM Universitas Mercu Buana

Hari Rabu, 05 Juni 2024, Kembali MM FBE UBAYA menerima kunjungan dari mitra MM Universitas Mercu Buana Jakarta. Kunjungan dari MM Universitas Mercu Buana dipimpin